Akhir Desember Ini Tol Cisumdawu Siap Operasi, Bandung-Sumedang Menjadi Lebih Cepat

JurnalPatroliNews – Bandung,- Mulai Desember 2021 nanti, Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) siap dioperasikan.

Kesiapan pengoperasian Tol Cisumdawu ruas Cileunyi-Cimalaka itu diungkap Direktur Utama PT Jasa Sarana, Hanif Mantiq. Jasa Sarana merupakan BUMD milik Pemprov Jawa Barat, yang ikut dalam konsorsium Tol Cisumdawu.

“Kami berharap akhir Desember ini sudah full beroperasi ya, itu harapannya mudah-mudahan,” ujar Hanif.

Jika ruas Cileunyi-Cimalaka pada Tol Cisumdawu sudah dioperasikan, maka perjalanan dari Bandung ke Sumedang dan sebaliknya, tak perlu lagi melintasi kawasan Cadas Pangeran yang jalannya meliuk-liuk.

Ruas Cileunyi-Cimalaka pada Tol Cisumdawu yang siap dioperasikan, terbagi atas tiga seksi. Yakni seksi I Cileunyi-Rancakalong (11,45 km), seksi II Rancakalong-Sumedang (17,05 km), dan seksi III Sumedang-Cimalaka (4,05 km).

Untuk seksi VI, Ujungjaya-Dawuan (6,06 km) juga siap dioperasikan, plus akses tol ke Bandara Kertajati.

“Sudah siap dibuka, termasuk akses jalan tol Kertajati yang ditopang oleh seksi enam sudah selesai,” lanjutnya.

Seperti diketahui, Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, beserta Menhub Budi Karya Sumadi, meninjau progres pembangunan Tol Cisumdawu ini pada 30 September 2021 silam.

“Harapan kita, proyek ini akan segera selesai dan tersambung dari Cileunyi sampai Dawuan di akhir tahun 2021. Ini sudah dimulai pada 2011 lalu,” harap Luhut.

Tapi pada realisasinya, PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) yang menggarap pengerjaan seksi III hingga VI Tol Cisumdawu, masih harus menuntaskan pembebasan lahan di seksi IV Cimalaka-Legok (8,2 km) dan seksi V Legok-Ujungjaya (14,9 km).

Hanif menjelaskan, lahan yang sudah dibebaskan sejauh ini baru separuh dari yang dibutuhkan.

“Porsi lahan di dua seksi ini sudah di atas 50 persen, mudah-mudahan bisa dikebut. Target kami April 2022 ini bisa dibuka,” jelasnya.

Tol Cisumdawu memiliki panjang total 60,1 km, punya fungsi Vital mendukung akses ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka.

Komentar