Batu Bara RI Jadi Incaran Eropa, Dibalik Rencana Rusia Stop Ekspor

Tambang Batubar,Ilustrasi/Net

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Rusia berencana menyetop ekspor batu bara pada Agustus 2022. Rencana tersebut membuat batu bara Indonesia jadi incaran berbagai negara Eropa.

Staf Khusus Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Irwandy Arif mengatakan bahwa saat ini sudah ada empat negara Eropa yang dipastikan akan memesan batu bara Indonesia.

Empat negera tersebut yakni, Jerman, Spanyol, Italia dan Belanda.

Irwandy menjelaskan proses tersebut masih dalam tahap penjajakan awal dan belum mengetahui besaran yang akan diminta oleh negara-negara Eropa.

Meski ada permintaan dari negara Eropa terhadap emas hitam Indonesia. irwandy mengatakan bahwa dalam memenuhi kebutuhan ekspor tersebut bukan perkara yang mudah. Salah satunya yakni ketersediaan alat berat serta faktor cuaca.

Irwandy menyatakan bahwa kondisi cuaca sangat berpengaruh terhadap produksi batu bara perusahaan. Produksi pun tidak kunjung meningkat dan dan masih jauh dari target tahun ini.

“Kita produksinya saja baru 41 persen dari target, data sampai dengan Mei 2022,” ujar Irwandy, dilansir Minggu (26/6/2022).

Pos terkait