Bentuk Forum Bisnis, Kedubes Jepang: Ekonomi Dua Negara Bisa Lebih Kuat Lewat LCSF

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Pemerintah Indonesia bersama Pemerintah Jepang, telah membentuk sebuah kerjasama dibidang Perbankan. kerjasama ini nantinya, akan menjembatani kebutuhan bisnis kedua Negara, Dan diharapkan dapat meningkatkan transaksi perbankan dimasa depan.

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) melalui BNI Tokyo bersama Bank Indonesia Kantor Perwakilan Tokyo, mengadakan Business Forum on The Utilization of The Japan – Indonesia Local Currency Settlement Framework (LCSF) 2022.

Forum bisnis ini telah berlangsung di Tokyo pada Desember lalu, dan mengundang 28 pejabat Japan Regional Bank (JRB).

Takahiro Wakabayashi, Direktur Bidang Informasi, Pendidikan, dan Kebudayaan, Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, menyebut, melalui Business Forum ini, pihaknya berharap, masyarakat yang lebih luas dapat memahami kerangka Local Currency Settlement (LCS), dan menggunakan mata uang lokal dalam transaksi perdagangan dan Investasi.

“Sehingga dapat berkontribusi pada perdagangan dan investasi serta penguatan stabilitas ekonomi makro antara Jepang-Indonesia,” ucapnya, dikutip CNBC Indonesia, Minggu (8/1/23).

Dia mengatakan, BNI sendiri telah menjadi Bank yang terpilih sebagai Appointed Cross Currency Dealer (ACCD) oleh Jepang dan Indonesia. Dirinya berharap, BNI dapat menjadi Perbankan yang dapat terus menjadi wadah untuk memperkuat hubungan Ekonomi antara Jepang dan Indonesia.

“Kami berharap BNI menjadi jembatan penghubung penguatan perekonomian kedua negara dengan mempromosikan transaksi langsung antara Yen dan Rupiah dalam kerangka tersebut,” imbuhnya.

Ia berharap, BNI dapat memperkuat Ekonomi kedua Negara, sejalan dengan nilai perdagangan hingga November 2022 yang mencapai US$ 21,1 miliar impor dari Jepang ke Indonesia dan US$ 15,5 miliar ekspor dari Indonesia ke Jepang.

“Mengingat hubungan Ekonomi Jepang-Indonesia yang mendalam selama 65 tahun, dan kondisi pemulihan dampak Covid-19, kami berharap, nilai perdagangan kedua negara semakin meningkat,” lanjutnya.

Komentar