Dampak Larangan UE, APBI: Rusia Bisa Alihkan Batu Bara ke China-India

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Rusia dinilai berpotensi mengalihkan penjualan batu baranya ke negara China dan India saat ini. Hal tersebut menyusul kebijakan larangan pembelian batu bara Rusia oleh sejumlah negara di Eropa.

Direktur Eksekutif Asosiasi Pertambangan Batu Bara Indonesia (APBI) Hendra Sinadia menilai bahwa peluang Indonesia untuk melakukan ekspor batu bara ke Eropa cukup memungkinkan. Hal tersebut tergantung dengan kualitas, harga, dan stok batu bara yang dibutuhkan oleh negara-negara di Eropa.

Namun demikian, Rusia yang terkena larangan ekspor batu bara ke sejumlah negara di Eropa juga berpotensi mencari peluang ekspor ke negara lain. Misalnya seperti China dan India yang merupakan pasar utama RI.

“Semua tentu proses B to B, bisa juga batu bara dari Rusia di divert ke China atau India yang juga pasar utama kita. Kita belum tahu persis perkembangan kedepan akan seperti apa,” ujar Hendra kepada rekan media, Jumat (8/4/2022).

Untuk diketahui, dua pejabat Uni Eropa, yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan kepada rekan media, Selasa (05/04/2022), bahwa Badan Eksekutif Uni Eropa akan mengusulkan batu bara dimasukkan dalam sanksi terhadap Rusia.

Komentar