Jadi Pembicara di Forbisda HIPMI Banten, Caketum Akbar Ajak Pengusaha Muda Bangun Sinergitas

JurnalPatroliNews – Tangerang – Akbar Himawan Buchari (AHB) menghadiri Forum Bisnis Daerah (Forbisda) BPD Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Banten 2022 yang berlangsung di Hall Sumarecon Mall Serpon, Kabupaten Tangerang, Banten, Minggu (4/10).

Acara yang berlangsung selama dua hari (3/4) itu menghadirkan beberapa narasumber berkompeten seperti Sandiaga Uno (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), Airin rachmi Diany (Mantan Walikota Tangerang Selatan/Ketua Dewan Koperasi Indonesia), Ahmed Zaki Iskandar (Bupati Tangerang) dan H. Pilar Saga Ichsan(Wakil Walikota Tangsel).

Dalam kesempatan itu Akbar mendorong pengusaha muda Banten dan juga di seluruh Indonesia untuk dapat berkolaborasi dan bersinergi dengan pemerintah.

“Dengan semangat sinergitas dan kolaborasi, pemulihan ekonomi nasional akan berjalan secara baik dan cepat” ujar Akbar.

Selain itu, Akbar juga berharap teman-teman Hipmi bisa melihat tantangan ini sebagai peluang besar di masa depan.

“Dimasa saat ini untuk mengubah tantangan menjadi peluang diperlukan tiga energi utama, yaitu digitalisasi, inovasi, dan kolaborasi. Digitalisasi ini telah dilakukan di dunia pendidikan dan bisnis,” kata Akbar.

“Kedua, sektor usaha yang bertahan hanya mereka yang melakukan inovasi. Dan ketiga kolaborasi, gotong royong antara sektor usaha dan pemerintah dalam menangani dampak pandemi baik itu di sektor kesehatan maupun ekonomi,” lanjutnya.

Untuk itu kata Akbar, lewat Forbisda yang digagas oleh teman-teman BPD Hipmi Banten saya berharap akan lahir dan tumbuh pengusaha-pengusaha muda baru yang diharapkan mampu membawa perubahan besar di bangsa ini.

Caketum BPP Hipmi ini juga mengapresiasi kebijakan Presiden Jokowi atas support luarbiasa pemerintah dalam upaya mengembangkan UMKM di Indonesia di tengah pandemi yang melanda dunia.

“Pemulihan ekonomi paska pandemi butuh support dan dukungan pemerintah. Saya melihat upaya itu telah dilakukan secara sungguh-sungguh oleh Presiden Jokowi dengan berbagai program bantuan kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sehingga ekonomi kita pulih lebih cepat dibandingkan negara-negara lain,” kata Akbar.

Berdasarkan data, diperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia akan mencapai angka 5,3 persen. Prediksi ini cukup menggembirakan bagi sektor usaha. Artinya iklim usaha semakin membaik dan semakin positif dimasa depan.

“Masa depan ekonomi kita cukup prospektif kedepan sehingga momentum ini diharapkan bisa dimaksimalkan dengan baik oleh seluruh kader Hipmi yang ada di Banten maupun diseluruh Indonesia untuk bangkit dan sukses bersama” pungkasnya.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar disela-sela pemaparannya turut mengapresiasi peran Hipmi dalam mendorong perekonomian daerah.

Komentar