Kemenparekraf Jalin MOU Pariwisata Dengan Wakil Marriot Internasional Giat Meningkatkan Sektor Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif

JurnalPatroliNews – Jakarta,-  Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerja sama dengan PT Indo Pacific Sheraton selaku perwakilan dari Marriott International Inc di Indonesia perkuat sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) tanah air.

“Marriott International memiliki 30 merek dan ribuan properti di lebih dari 130 negara yang menjadikan (industri tersebut) sebagai salah satu perusahaan perhotelan terbesar di dunia. Hal ini erat kaitannya dengan industri pariwisata yang memiliki hubungan timbal balik dan saling menguntungkan dengan industri pariwisata,” ujar Sekretaris Kemenparekraf Ni Wayan Giri Adnyani pasca menandatangani nota kesepahaman di Bali lewat keterangan resmi, Jakarta, Sabtu.

Lebih lanjut, pihaknya disebut perlu menjalin kemitraan dengan industri perhotelan yang sangat berkontribusi terhadap sektor pariwisata.

Nota kesepahaman Kemenparekraf dengan PT Indo Pacific Sheraton meliputi kerja sama di bidang industri pariwisata, destinasi pariwisata, pemasaran pariwisata, bidang kelembagaan termasuk pengembangan kompetensi sumber daya manusia pariwisata, pengembangan ekonomi kreatif, dan bentuk kerja sama lainnya sesuai dengan tugas serta wewenang masing-masing instansi dalam jangka waktu tiga tahun sejak penandatanganan.

“Selain saling mendukung dalam berbagai event di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif ke depan, kami juga berharap kerja sama ini dapat mendukung upaya peningkatan kompetensi SDM di sektor parekraf Indonesia,” kata Sesmenparekraf.

Ni Wayan menginginkan kerja sama tersebut membuka peluang bagi mahasiswa atau lulusan dari enam Politeknik Pariwisata (Poltekpar) di bawah naungan Kemenparekraf untuk bekerja di pelbagai hotel ternama di bawah grup Marriot yang memiliki kualitas keramahan sangat baik.

Poltekpar di bawah naungan Kemenparekraf itu turut mengambil langkah menerapkan ASEAN Mutual Recognition Arrangement on Tourism Professionals (ASEAN MRA-TP) yang memerlukan dukungan industri dalam pelaksanaannya.

Pihak Marriot disebut dapat mendukung penyesuaian kurikulum dan bahan ajar selain menerima mahasiswa untuk kerja praktik.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyampaikan nota kesepahaman dengan PT Indo Pacific Sheraton merupakan langkah nyata menuju komitmen kerja sama publik-swasta sebagaimana instruksi Presiden Joko Widodo untuk mengembangkan parekraf Indonesia yang inklusif dan berkelanjutan.

Komentar