Pemprov Sulut Fokus Pemanfaatan Solusi Digital, Hadapi Ketidakpastian Pandemi

JurnalPatroliNews – Sulut,- Berbagai cara dilakukan untuk mendorong terwujudnya kedaulatan digital nasional, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) secara aktif terus mendukung digitalisasi di berbagai sektor melalui penyediaan konektivitas, platform dan layanan digital.

Salah satunya di sektor pemerintahan.

Berbagai solusi dan layanan dihadirkan bagi pemerintahan, baik pusat maupun daerah demi memudahkan aktifitas dan pemenuhan kebutuhan masyarakat.

Jumat (10/12/2021), Direktur Digital Business Telkom, Muhamad Fajrin Rasyid melakukan kunjungan kerja dan audiensi dengan Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) , Olly Dondokambey terkait pemanfaatan solusi digital, diantaranya Satu Data Indonesia dan Pasar Digital (PaDi) UMKM di lingkup pemerintah provinsi dan kota/kabupaten.

Selain audiensi, Fajrin juga menyaksikan penandatanganan Minute of Meeting (notulensi) Satu Data antara General Manager Telkom Manado, Lonely Baringin Mangaranap dengan Pemkot Manado, Pemkot Tomohon dan Pemkab Minahasa Utara, diwakilkan kepala pemerintahan masing-masing daerah.

Muhamad Fajrin menyampaikan terima kasih atas kesediaan Pemprov Sulut yang menyambut baik inisiatif digitalisasi Telkom di bumi nyiur melambai ini.

“Saat ini, Telkom terus mengakselerasi transformasi digital. Kehadiran beragam solusi dan layanan digital milik Telkom merupakan wujud komitmen perusahaan mendukung pemerintah dalam mempercepat digitalisasi ekosistem dan masyarakat Indonesia, khususnya di Sulut,” ujar Fajrin.

Olly Dondokambey menyampaikan Pemprov Sulut siap bersinergi bersama Telkom dalam rangka mendigitalisasi Sulawesi Utara.

Kata Olly, ini sejalan dengan misi Provinsi Sulut tahun 2022 yang berfokus pada pengembangan digital menghadapi ketidakpastian dari pandemi Covid-19.

Untuk mendukung digitalisasi di Sulut, Telkom menyediakan digitalisasi satu data melalui BigBox, platform full stack big data untuk korporasi dan pemerintah.

Platform BigBox dilengkapi dengan kemampuan repository yang mendukung pengolahan data yang terstandarisasi dalam memberikan dukungan khususnya program satu data Indonesia.

Hal ini memungkinkan pemerintah menyatukan data yang tersebar dalam Satu Manajemen Data, serta pengambilan dan pengelolaan data ekternal untuk memperkaya data internal.

Selanjutnya untuk digitalisasi UMKM, Telkom memiliki PaDi UMKM yaitu ekosistem berbasis platform digital berfungsi mempertemukan pelaku UMKM dengan BUMN guna meningkatkan peluang untuk memperoleh transaksi dan pembiayaan dari BUMN.

PaDi UMKM merupakan inisiatif Kementerian BUMN yang didukung oleh beberapa BUMN dalam upaya mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Kehadiran PaDi UMKM memberikan beragam keuntungan baik bagi UMKM, BUMN maupun pemerintah dalam hal ini Kementerian BUMN.

Bagi UMKM, kemudahan yang diperoleh antara lain akses pasar yang lebih luas hingga BUMN, e-commerce skala lokal dan global, pembiayaan/permodalan, dan insight bagi UMKM untuk peningkatan kualitas produk.

PaDi UMKM memudahkan melakukan perbelanjaan kebutuhan kantor dengan penjual yang terverifikasi dan monitoring procurement yang jelas.

Sedangkan bagi pemerintah, adanya PaDi UMKM dapat menjadi dasar kuat untuk program peningkatan ekonomi rakyat, dengan memberikan data valid terkait profil UMKM dan pemetaan usaha rakyat.

Kementerian BUMN terutama dapat memonitor kontribusi belanja BUMN terhadap UMKM seluruh Indonesia.

(***Alfrits Semen)

Komentar