Rasa Cinta akan Berujung Pada Kestabilan Nilai Rupiah

JurnalPatroliNews – Manado – Sebagai lembaga negara, Bank Indonesia memiliki tujuan yaitu mencapai dan menjaga kestabilan nilai Rupiah.

Dengan itu, Bank Indonesia juga mengajak masyarakat Indonesia untuk turut mengikuti kampanye Cinta, Bangga, Paham Rupiah.

Cinta Rupiah ditunjukkan dengan mengenali, merawat, dan menjaga Rupiah sebagai satu-satunya alat pembayaran yang sah di wilayah NKRI.

Dengan menjaga dan merawat Rupiah, ciri keaslian Rupiah menjadi mudah dikenali dan menghindari peredaran uang palsu dan tidak layak edar.

Kepala Tim Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah (SP PUR) KPw BI Sulut Ahmadi Rahman mengatakan, bangga Rupiah ditunjukkan dengan menggunakan Rupiah di setiap transaksi dan cinta Rupiah akan berujung pada stabilnya nilai Rupiah.

“Dengan menggunakan Rupiah pada setiap transaksi, maka kita sudah ikut membantu menjaga kestabilan nilai tukar Rupiah dan membangun kepercayaan dunia pada Rupiah,” ujar Ahmadi.

Hal itu dikatakannya saat pelaksanaan sosialisasi dan edukasi Kebanksentralan, QRIS, CBP Rupiah dan Perlindungan Konsumen di SMKN 1 Ratahan, Minahasa Tenggara dalam rangkaian Road to Kawanua Basuara Fest 2023: Bank Indonesia Goes to School, 25-26 Januari 2023.

Paham Rupiah ditunjukkan dengan memahami fungsi Rupiah sebagai nilai tukar dan cara mengelolanya, misalnya dengan bertransaksi dan berbelanja dengan bijak, berhemat, dan berinvestasi.

“Semoga sosialisasi dan edukasi ini dapat memberikan wawasan dan pengetahuan terkait dengan implementasi digitalisasi pembayaran di Sulawesi Utara dengan QRIS serta juga pembayaran tunai dengan cinta bangga dan paham terhadap Rupiah,” kata Ahmadi.

Komentar