Don Carlo Pecahkan Rekor, Pelatih Tersukses dalam Sejarah Liga Champions!

JurnalPatroliNews – Jakarta – Tak salah jika Carlo Ancelotti mendapat julukan Don Carlo (Bos Carlo). Sebab, pria asal Italia ini telah mengukuhkan diri sebagai pelatih tersukses dalam sejarah Liga Champions.

Usai membawa Real Madrid kembali menjuarai Liga Champions, dini hari tadi (2/6), Don Carlo menorehkan namanya sebagai pelatih dengan deretan trofi paling memikat di kancah elit sepak bola Eropa.

Prestasinya bukan sekadar mengantar Madrid merebut gelar Liga Champions ke-15, yang merupakan rekor tertinggi dalam sejarah turnamen tersebut, tetapi juga menambah koleksi emasnya menjadi lima.

Catatan dari UEFA menunjukkan bahwa Ancelotti adalah satu-satunya pelatih yang berhasil mengangkat trofi Liga Champions sebanyak 5 kali. Dua trofi diraihnya bersama AC Milan dan 3 trofi lainnya saat memimpin Real Madrid.

Prestasinya melampaui jauh rekannya seperti Pep Guardiola, Zinedine Zidane, dan Bob Paisley, yang masing-masing hanya mengoleksi 3 trofi Liga Champions atau Piala Champions di masa lalu.

Dari enam kesempatan tampil di final Liga Champions, Ancelotti berhasil memenangkan trofi sebanyak lima kali. Satu-satunya kekalahan yang dideritanya terjadi ketika AC Milan dibekuk Liverpool dalam pertandingan final yang dikenal sebagai ‘Miracle of Istanbul’ pada tahun 2005.

Berikut adalah daftar lengkap Pelatih Tersukses di Liga Champions:

Carlo Ancelotti – 5 kali AC Milan: 2003, 2007 Real Madrid: 2014, 2022, 2024

Pep Guardiola – 3 kali Barcelona: 2009, 2011 Manchester City: 2023

Bob Paisley – 3 kali Liverpool: 1977, 1978, 1981

Komentar