Taisei Marukawa Lanjutkan Kisah Harum Pemain Jepang di Indonesia

  • Whatsapp
Tasei Murakawa bersinar bersama Persebaya Surabaya. (Foto: ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah)

JurnalPatroliNews – Jakarta – Taisei Marukawa menambah daftar pemain Jepang yang bersinar di sepakbola Indonesia. Pemain Persebaya Surabaya itu langsung menjadi andalan di BRI Liga 1 2021.

Namanya cukup asing ketika didatangkan Persebaya awal musim ini. Maklum, tak ada klub mentereng yang pernah diperkuatnya sebelum berlabuh di Surabaya.

Terakhir, ia memperkuat klub Malta, Valletta, yang dibelanya selama semusim pada 2020. Sebelum itu, ia juga bermain dua musim bersama klub Malta lainnya yakni Senglea Athletic dan Senglea Athletic.

Sama seperti Brasil, pemain Jepang memang banyak tersebar di berbagai belahan dunia. Persaingan yang ketat di dalam negeri membuat mereka merantau untuk mendapatkan jam terbang di negara lain.

Terlepas dari itu, pemain asal Jepang sudah punya reputasi bagus di Indonesia. Sebelumnya, sudah ada pemain-pemain Jepang yang bersinar bersama klub-klub Indonesia seperti Kenji Adachihara, Shohei Matsunaga, atau Satoshi Otomo.

Sama seperti Marukawa, kebanyakan pemain Jepang ini juga merantau terlebih dahulu sebelum ke Indonesia. Kenji Adachihara misalnya yang sempat bermain di Singapura bersama klub Albirex Niigata Singapore, sebelum bergabung ke PKT Bontang pada 2009.

Meski dengan kiprah yang tak begitu mentereng, para pemain Jepang ini sanggup memberikan warna di sepakbola Indonesia. Makanya banyak pemain asal Negeri Matahari terbit itu yang lama bermain di sini sejak kedatangannya ke Tanah Air.

Kondisi itu menguntungkan pemain Jepang lainnya, termasuk Marukawa yang tinggal menunjukkan kemampuannya saja bersama Persebaya atas torehan para pendahulunya di Indonesia. Dan ia berhasil melakukan itu.

Pos terkait