Cuaca Ekstrim, Sejumlah Rumah dan Fasilitas Publik Tertimpa Pohon Tumbang di Bitung

JurnalPatroliNews – Bitung, – Sejumlah rumah warga dan fasilitas publik tertimpa pohon tumbang akibat angin kencang disertai hujan di Kota Bitung.

Kejadian itu terjadi dalam dua hari yakni, Kamis (2/3/2023) dan Jumat (3/3/2023) mengakibatkan sejumlah rumah warga serta fasilitas publik mengalami kerusakan.

Dari data BPBD Kota Bitung, ada tujuh rumah warga dan sejumlah fasilitas publik seperti sekolah, jalan dan tiang telepon yang mengalami kerusakan akibat tertimpa pohon.

Untuk rumah, pohon tumbang menimpa satu rumah warga di Kelurahan Wangurer Timur Lingkungan 04 RT 19, satu rumah di Kelurahan Madidir Unet Lingkungan 04 RT 31, satu rumah di Kelurahan Pakadoodan Lingkungan 05 RT 15, satu rumah di Kelurahan Kakenturan Satu, satu rumah di Kelurahan Aertembaga Satu Lingkungan 4 RT 18 dan dua rumah di Kelurahan Bitung Barat Dua Lingkungan 04 RT 05.

Sedangkan untuk fasilitas publik, salah satu gedung di SD Negeri Inpres 7/83 Kelurahan Girian Weru Dua mengalami kerusakan tertimpa pohon, akses jalan utama di Depan PT Sinar Mas tertutup pohon roboh dan di Kelurahan Madidir Unet Lingkungan 02 RT 10, pohon menimpa tiang Telkom.

“Ada juga longsor di Kelurahan Kakenturan Dua yakni tanggul SD Negeri Inpres 6/84 ambruk,” kata Kepala BPBD Kota Bitung, Fivy Kadeke, Sabtu (4/3/2023).

Fivy sendiri menghimbau masyarakat agar selalu waspada dan segera melaporkan jika ada ranting atau pohon yang dikuatirkan akan roboh.

“Tidak ada korban jiwa dan kami langsung melakukan pembersihan bersama warga serta menyalurkan bantuan kepada warga yang tertimpa musibah,” katanya.

Komentar