Dinas Sosial Buleleng Telusuri Tonggak Sejarah Tugu Pahlawan Pringgodani Di Desa Bubunan, Seririt

JurnalPatroliNews Buleleng – Kadis Sosial Kabupaten Buleleng I Putu Kariaman Putra, S.Sos, MM diwakili oleh Kepala Bidang Perlindungan Jaminan Sosial Yayan Sutrisna, S.Sos mencari informasi langsung, terkait Monumen Pringgadani Desa Bubunan diterima langsung oleh Perbekel Desa Bubunan Drs. Ketut Gunarsa beserta adapula dari pihak keluarga Pahlawan yang menceritakan perjuangan dari Pahlawan.

Tonggak Sejarah Tugu Pahlawan Pringgadani Desa Bubunan merupakan Pusat Perjuangan Buleleng Barat yang diambil dari nama Kerajaan Gatot Kaca, dimana di Desa Bubunan sebagai Markas Komando Pejuang 45 Resimen Ngurah Rai yang bernama Pringgadani periode 1945-1949.

Para Pahlawan Desa yang Gugur berjuang di bawah Markas Komando Resimen Ngurah Rai, adalah Nengah Sumandra, Wayan Sada serta Ketut Suweca

Untuk mengenang jasa para Pahlawan Desa yang Gugur di bawah Markas Komando Pejuang 45 Resimen Ngurah Rai, maka dibuatlah Tugu Pahlawan Pringgadani, terurai via sejarah singkat Tugu Pahlawan Pringgadani Desa Bubunan, Kecamatan Seririt.

Dinsos Kabupaten Buleleng berharap, nantinya agar masyarakat Buleleng bisa menanamkan nilai – nilai kepahlawanan, sehingga bisa menghargai jasa-jasa para Pahlawan-nya.

(*/TIR).-

Komentar