Inovasi BADAS, Dinas APD Kabupaten Buleleng Raih Juara Pertama

JurnalPatroliNews – Buleleng – Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (APD) Kabupaten Buleleng berhasil meraih juara pertama dalam Lomba Karya Inovasi dan Kreasi Daerah tahun 2020. Penyerahan penghargaan pun sudah dilakukan oleh Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST beberapa hari lalu.

Dinas APD Kabupaten Buleleng berhasil mengungguli OPD lainya berkat inovasi kreasi yang diwujudkan dalam aplikasi “Bank Data dan Arsip Statis” disingkat BADAS, seperti dikatakan oleh Kepala Dinas APD Kab. Buleleng dr. Ni Made Sukarmini, M.A.P yang ditemui di ruang kerjanya, Kamis (19/11).

Lebih jauh Kadis APD Buleleng dr.Sukarmini mengatakan, inovasi Dinas APD bernama BADAS merupakan inovasi berbasis web yang wadah web ini diperoleh dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Pusat dengan Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Nasional (ASIKN). Konten-konten atau isi dalam aplikasi ini dinamakan BADAS.

BADAS, menurut Kadis dr.Sukarmini, merupakan kumpulan arsip statis yang berisikan informasi atau diorama kearsipan tentang sejarah Buleleng, informasi pemerintahan, tempat-tempat wisata yang ada di Buleleng.

“Jadi sebelum wisatawan berkunjung ke obyek wisata yang dituju dapat mengakses lebih dulu pada website : http://sikn.bulelengkab.go.id/ ,” jelasnya.

Lebih lanjut Kadis APD dr.Sukarmini menjelaskan, idenya berawal saat salah satu pejabatnya melaksanakan Diklat PIM tentang kepariwisataan, karena depo arsip yang dimiliki Dinas APD belum repesentatif untuk menampungnya. Namun, Ia berupaya mewadahinya dalam bentuk aplikasi yang berbasis web.

Upayanya terus dilakukan dengan menggerakkan semua stakeholder, staf Dinas APD dan masyarakat yang punya arsip statis. Disamping itu, pembinaan ke kecamatan, desa dan lembaga, sehingga semakin memperkaya konten yang dimuat dan diakses dalam websitenya.

“Lembaga, masyarakat, desa yang mempunyai arsip bernilai sejarah bisa menitipkan atau diserahkan ke Dinas APD Buleleng atau jika tidak diserahkan bisa diduplikatkan arsip-arsip statisnya,” ungkapnya.

Kadis dr.Sukarmini berharap, selain informasi yang ditampilkan melalui website, masyarakat bisa melihat langsung diorama kearsipan melalui Depo Arsip yang lebih baik dan reperesentatif ke depannya.

Kadis dr.Sukarmini yang akan purna tugas awal Desember 2020 ini juga berharap Arsip dan Perpustakaan Daerah bisa menarik dan dilirik serta berkontribusi kepada daerah.

(TiR).-

Komentar