Kemenkop dan UKM RI Dorong UMKM Kabupaten Buleleng Naik Kelas

JurnalPatroliNews Buleleng – Guna memperkuat daya saing produksi usaha skala mikro ke pasar Nasional maupun global, Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop, dan UKM) RI menekankan usaha skala mikro agar melakukan korporasi. Nantinya bisa bergerak skala yang lebih besar sehingga UMKM bisa naik level, seperti disampaikan langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki saat kunjungan kerja di Kabupaten Buleleng, Sabtu (30/10).

Lebih lanjut, Menteri Teten Masduki menjelaskan, dirinya akan mendorong skala yang produktif dengan melakukan pendekatan, pengembangan, mendorong UMKM yang mempunyai potensi produksi yang cukup besar, supaya penyerapan tenaga kerja lebih besar dan mengurangi usaha mikro. Selain itu, dirinya ingin juga mengembangkan koperasi pangan di Kabupaten Buleleng.

Maka itu, dirinya menyampaikan dengan adanya koperasi, usaha ini dapat mendorong produk-produk lokal UMKM di masa depan, baik itu produk-produk yang berbasis kreativitas, inovasi teknologi, herbal, rempah, dan buah tropik.

“Ini menjadi satu keunggulan UMKM kita di masa depan, dimana produk-produk yang berbasis kreativitas, inovasi teknologi juga kekayaan alam itu kita bisa kembangkan lebih baik, dan ini menjadi potensi besar kita di Asia Tenggara,” ucapnya.

Terkait dengan digitalisasi, pihaknya berharap produk UMKM khususnya di Kabupaten Buleleng bukan hanya sekedar mengakses pasar digital yang lebih luas skala nasional maupun global, namun UMKM harus siap bersaing dengan memanfaatkan pasar domestik yang begitu besar di tahun 2025 yang akan datang.

Ditambahkan, di tahun 2022 melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) akan dibangun Pusat Layanan Umum Terpadu (PLUT) untuk UMKM dengan anggaran 8,4 Miliar. Nantinya dalam PLUT ini sangat berguna bagi UMKM di Kabupaten Buleleng yang digunakan untuk pusat pelatihan, kurasi produk, termasuk juga untuk stokis.

Sementara itu, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana mengatakan, dengan adanya digitalisasi ini dapat mempermudah pemasaran dan meningkatkan produk-produk lokal UMKM yang ad di Kabupaten Buleleng.

Lebih jauh, Bupati biasa disapa PAS ini mengungkapkan adanya beberapa permasalahan, terkait UMKM di Kabupaten Buleleng yang dimulai dari stokis dan keperluan modal untuk menciptakan UMKM yang handal.

Maka dari itu, dengan dimanfaatkannya langkah pasar yang di ekpor, UMKM di Kabupaten Buleleng bisa ditampung dengan memiliki nilai yang unggul.

“Mudah-mudahan kedatangan dari Bapak Menteri ini bisa memberikan sebuah ilustrasi tentang kemampuan modal dari UMKM untuk bisa menjadi UMKM yang handal,” harapnya.

(*/TiR)

Komentar