Komsos Babinsa Serda Hari Purwanto Dengan Pengrajin Rencong Khas Aceh

Jurnalpatrolinews – Aceh Besar : Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 02/Suka Makmur Kodim 0101/BS, Serda Heri Purwanto melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan warga yang berprofesi sebagai pengerajin pembuatan rencong khas senjata Aceh, Di Desa Baet Masjid Kecamatan Suka Makmur Kabupaten Aceh Besar, Senin (01/02/2021).

Tak hanya itu rencong sebagai senjata khas Aceh sejak zaman dulu juga memiliki daya tarik tersendiri. Bahkan saat ini rencong menjadi souvenir khas Aceh. Tidak salah sebagian menyebut Aceh dengan gelah Tanoh Rencong.

Kegiatan Komsos ini dilakukan agar lebih dekat dengan pengrajin  dan bertujuan untuk memberikan semangat serta mensupport para pengrajin untuk lebih giat lagi dalam meningkatkan hasil dan kualiatas khususnya dalam pembuatam rencong.

Menurut Serda Heri Purwanto, Para pengrajin sudah berhasil menyulap senjata tajam ini menjadi buah tangan para pelancong sering menjual barang pada penduduk luar Aceh, dan hasilnya cukup menjanjikan.

Tidak lupa, Kepada para pengrajin Serda Heri Purwanto juga berpesan agar selalu mentaati peraturan pemerintah tentang protokol kesehatan penggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan mengingat hingga detik ini pandemi Covid-19 belum usai.

Diharapkan kedepan, para pengrajin didesa Baet masjid bisa meningkat hasil dan kuwalialtas rencong aceh. Tidak cuma membuat rencong aceh, penempahan parang, sabit juga harus ditingkatkan, di karena semua itu juga salah satu kebutuhan berkebun dan beternak dalam aktifitas sehari-hari.

Komentar