Laporan : Serangan Teror Iran Terhadap Kedutaan Israel di Negara Afrika Digagalkan

Jurnalpatrolinews – Tel Aviv : Teheran terus mencari pembalasan atas pembunuhan Mayor Jenderal Soleimani, kata sumber intelijen.

Serangan teror Iran yang menargetkan kedutaan Israel di salah satu negara timur Afrika digagalkan pada Januari, penyiar publik Israel, media Israel Kan melaporkan pada hari Senin.

Mengutip sumber intelijen barat yang mengetahui masalah ini, laporan itu mengatakan bahwa Teheran mengirim agen ke negara yang tidak disebutkan namanya, yang perannya adalah mengumpulkan informasi tentang kedutaan Israel, Amerika dan Emirat untuk melakukan serangan terhadap salah satu dari mereka.

Laporan Kan tidak menetapkan lembaga mana yang menggagalkan operasi teror tersebut, tetapi menyebutkan bahwa beberapa agen Iran ditangkap di negara Afrika dan beberapa di lokasi lain.

Beberapa agen berkebangsaan Eropa, selain kewarganegaraan Iran mereka.

Sumber anonim yang dikutip oleh Kan lebih lanjut menyampaikan bahwa operasi itu dilakukan sebagian sebagai upaya untuk membalas pembunuhan komandan tertinggi Iran Mayor Jenderal Qasem Soleimani dan ilmuwan proyek nuklir utama Mohsen Fakhrizadeh.

Soleimani dibunuh oleh pasukan AS dalam serangan pesawat tak berawak yang dilaporkan di Baghdad pada 3 Januari 2020.

Fakhrizadeh terbunuh pada 27 November 2020 saat dalam perjalanan pulang di pinggiran Teheran – dengan laporan yang saling bertentangan tentang metode serangan atau penyebab kematian.

Pada hari Jumat, ledakan bom rakitan mengguncang kedutaan Israel di New Delhi, India . Tidak ada korban atau kerusakan yang terjadi pada fasilitas tersebut, tetapi beberapa kendaraan rusak dalam insiden tersebut.

Komentar