Lasmawan Resmi Pimpin Undiksha Periode 2023-2027

JurnalPatroliNews – Singaraja,- Prof. Dr. I Wayan Lasmawan, M.Pd, resmi dilantik menjadi Rektor Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) periode 2023-2027. Pelantikan ini berlangsung pada hari Kamis, 13 April 2023 di Jakarta oleh Sekertaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek), Ir. Suharti, M.A., Ph.D.

Hadiri juga Rektor Undiksha periode 2019-2023, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd., yang telah mengemban jabatan selama dua periode sekaligus menyerahkan jabatan rektor.

Sebelumnya, Prof Lasmawan unggul dalam Pilrek Undiksha pada 11 Januari 2023 lalu meraup 58 suara mengalahkan dua pesaingnya.

Prof Lasmawan dilantik bersama sejumlah pemimpin perguruan tinggi di Indonesia sesuai Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Keputusan tersebut tentang Pengangkatan Pemimpin Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Periode 2023-2027 di Lingkungan Kemdikbudristek.

Dalam sambutannya, Sekjen Kemdikbudristek, Suharti; menyampaikan perguruan tinggi memiliki tugas yang besar untuk pembangunan Indonesia. Perguruan tinggi harus memastikan menghasilkan sumber daya manusia unggul untuk berkontribusi pada pembangunan Indonesia. Hal ini tentu harus menjadi perhatian bagi para rektor yang baru dilantik dan mampu melaksanakan program-program strategis.

Sekjen Suharti juga mengajak para rektor untuk bekerja sama menyukseskan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka di bawah kepemimpinan Menteri Nadiem Anwar Makarim. Pemerintah juga telah memberikan perhatian besar bagi anak-anak yang kurang mampu dan berkebutuhan khusus dalam dunia pendidikan. Keberlanjutan program ini juga diharapkan mendapatkan dukungan penuh dari perguruan tinggi.

“Oleh karena itu, bapak-bapak rektor yang dilantik hari ini mohon bisa terus bersama-sama dengan kami untuk menyukseskan seluruh kebijakan yang telah diambil Kemdikbudristek,” ajaknya.

“Untuk memastikan layanan di pendidikan tinggi bisa berjalan lebih bagus lagi dari waktu ke waktu,”  tambah Suharti.

Pasca pelantikan, Prof Lasmawan menjelaskan akan merapatkan barisan jajaran pimpinan lainnya untuk merancang dan menetapkan pelaksanaan program ke depan. Memimpin Undiksha dalam empat tahun ke depan, Prof Lasmawan mengusung visi International Reputable University in Education and Leadership (IRUEL).

Rektor asal Desa Bonyoh, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli itu menyebutkan bahwa visinya melanjutkan dan menegaskan kembali program rektor sebelumnya.

“Tentu untuk mewujudkan ini, kita harus dalam kebersamaan. Di Undiksha kebersamaan sudah berjalan sangat baik,” katanya.

“Saya berharap ini dapat terus dipertahankan dalam rangka mewujudkan Undiksha semakin unggul dan berdaya saing,” lanjutnya.

“Tentu ini yang harus bisa saya terjadikan dalam waktu empat tahun ke depan,” imbuhnya terkait visinya ke depan.

Salah satu program strategis yang dirancang untuk mewujudkan visi tersebut adalah menjadikan Undiksha yang kini PTN Badan Layanan Umum ke PTN Berbadan Hukum. Selain itu, harapan besar melalui IRUEL agar
terwujud melalui program kerjasama yang merujuk pada QS 100 rangking dunia.

Hal lain yang menurutnya penting untuk dilakukan ke depan adalah penguatan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Demikian juga dengan peningkatan ketercapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi. Maupun secara khusus melakukan pembenahan serta penguatan sarana prasarana pembelajaran sebagai tanggung jawab Undiksha kepada masyarakat.

Komentar