Lovina Festival Kembali Digelar, Bertajuk “Abhinaya Segara”

JurnalPatroliNews.co.id – Lovina,– Festival ternama kedua di Bali Utara yakni Lovina Festival (Lovfest) kembali digelar Pemkab Buleleng bersama komunitas pariwisata dan komponen masyarakat Buleleng lainnya.

Lovfest 2023 rencananya akan digelar mulai tanggal 21 Juli sampai dengan 23 Juli dengan lokasi di pusat wisata Lovina yakni di Pantai Lovina yang meliputi wilayah Desa Kalibukbuk dan Desa Kaliasem.

Rencana pagelaran Lovfest 2023 ini disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Buleleng I Ketut Lihadnyana di Seabreszz Resto Lovina, Senin (17/7/2023) siang. Pj Lihadnyana didampingi Kadis Pariwisata, Gede Dody Sukma Oktiva Askara, S.Sos.,M.Si, Plt Asisten III yang Juga Kepala BPKPD, Drs Gede Sugiartha Widiada, M.Si, Kadiskominfosanti Ketut Suwarmawan, SSTP, MM. Hadir pula Perbekel Kalibukbuk, Ketut Suka, dan perwakilan PHRI Buleleng.

Pj Bupati Luhadnyana menjelaskan bahwa Lovfest sempat vakum selama tiga tahun akibat pandemic Covid-19. Namun setelah pandemic Covid-19 berlalu, Pemkab Buleleng kembali menggelar Lovfest. “Setelah Covid-19 berlalu maka sekarang kita kembali menggelar Lovina Festival yang kali ini rencananya digelar mulai tanggal 21 Juli sampai 23 Juli,” ujar Pj Bupati Lihadnyana mengawali keterangan persnya.

Lovfest 2023, kata Pj Lihadnyana, dipusatkan di tepi pantai sekitar Desa Kalibukbuk dan Kaliasem. “Seiring kilauan pasir hitam dan panorama sunset, event ini memadukan pesona alam dengan hiburan-hiburan atraktif,” papar Pj Bupati Lihadnyana.

Diuraikan PJ Bupati Lihadnyana bahwa dalam event Lovfest 2023 ini ada 7 materi pokok yaitu parade budaya, pergelaran seni dan music, loma-lomba, pameran UKM-kuliner-ekonomi kreatif, demonstrasi aktivitas, loka karya/seminar yang siap memberikan impresi khusus bagi kunjungan turis ke pantai Lovina.

Menariknya, kali ini Pj Bupati Lihadnyana merubah tradisi acara protokoler selama ini yang selalu mengutamakan pejabat dibandingkan dengan tamu dan undangan. “Biasanya di acara seremonial pembukaan dan penutup itu pejabat yang duduk dan tamu dan undangan malah berdiri. Sekarang saya balik. Pejabat tidak boleh duduk, yang duduk adalah tamyudan undangan,” ucap Pj Bupati Lihadnyana.

Bukan hanya itu, pada kegiatan Beach Clean Up yang juga diisi dengan pelepasan tukik, Pj Bupati Lihadnyana juga menyatakan bahwa pelepasan tukik pada Lovfest itu akan dilakukan oleh para turis mancanegara dan domestic yang hadir pada saat itu, bukan lagi pejabat seperti Pj Bupati dan Forkomimpda lainnya. “Nanti pelepasan tukik bukan saya lagi, tetapi kita kasih kepada tamu (turis, red) yang melepaskan tukik. Kita ingin kasih kesempatan kepada para tamu untuk berpartisipasi dalam kegiatan Lovfest ini,” ucap Pj Bupati Lihadnyana.

Sementara Kadis Pariwisata (Kadispar) Buleleng, Gede Dody Sukma Oktiva Askara, S.Sos.,M.Si, menjelaskan secara panjang lebar tentan program atau kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari digelarnya Lovfest 2023 itu.

Komentar