Pasien Covid di Tangerang Bludak, RKB SMPN 30 Disulap Jadi Tempat Isolasi Covid-19, Wacana Belajar Tatap Muka…?

JurnalPatroliNews Tangerang – Pasien Covid-19 di Kota Tangerang membludak membuat pemerintah setempat menyulap sekolah menjadi tempat isolasi mandiri atau Rumah Isolasi Terkonsentrasi (RIT).

Adalah SMPN 30 Tangerang yang berlokasi di Kecamatan Benda, sementara dijadikan RIT.
Lantaran RIT setempat yakni RIT Jurumudi Baru sudah penuh dengan Pasien Covid-19 sampai mengantre.

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah menjelaskan, RIT tambahan di SMPN 30 Tangerang dibuat untuk menampung pasien Covid-19 yang bergejala ringan sampai berat.

“RIT penuh jadi kita gunakan dulu ruang kelas. Itu pun karena Puskesmas Jurumudi, Kecamatan Benda, bersebelahan dengan SMPN 30,” kata Arief saat dihubungi, Senin (21/6/2021).

Ia menjelaskan, untuk RIT Jurumudi sendiri sebenarnya menampung 70 pasien Covid-19.
Lalu dalam waktu dekat kelas di SMPN 30 yang bersebelahan dengan Puskesmas Jurumudi, akan menampung 150 pasien Covid-19.

“Rencananya 150 bed. Sekolah itu ada dua wing, kita pakai dulu wing yang satu, nanti kalau wing satu penuh, baru kita buka wing sebelahnya,” ungkap Arief.

Rinciannya, setiap kelasnya bisa menampung paling banyak delapan bed.

Ruangannya yang disiapkan 19 ruangan, dengan begitu pasien Covid-19 bisa diatasi dengan secepat mungkin.
Langkah serupa juga bakal dilakukan di Kecamatan Periuk, Kota Tangerang.

Namun, Arief mengaku akan melakukan survey langsung terlebih dulu, untuk melihat kelayakan dan juga kesiapan SDM tenaga kesehatan di sana.
Diberitakan sebelumnya, viral video yang memperlihatkan kondisi rumah isolasi terkonsentrasi (RIT) Jurumudi Baru penuh dengan pasien Covid-19.

Sebagai informasi, RIT merupakan tempat isolasi mandiri untuk pasien Covid-19 berstatus OTG yang disediakan Pemerintah Kota Tangerang.

Namun, sebuah video berdurasi sekira satu menit di RIT Jurumudi Baru, Kecamatan Benda, Kota Tangerang mendadak viral.

Video tersebut menampilkan curahan hati seorang tenaga kesehatan (nakes) yang mencak-mencak karena kondisi RIT di Jurumudi penuh pasien Covid-19.

“Ini kita lagi nungguin nih dari Puskesmas Jurumudi Baru. Nih liatin nih, penuh kamarnya penuh semua full kita antre dari tadi nih. Nih mobil ambulans temen saya nih udah lama,” curhat nakes tersebut sambil menunjukan kondisi RIT Jurumudi Baru.

(*/lk)

Komentar