Pengukuran Tanah Like Mananeke Tak Terlaksana Sesuai Permohonan, BPN Manado Tak memberi Kepastian!

Jurnalpatrolinews.com – Manado – Pertemuan yang dilaksanakan di kantor kelurahan Kairagi Satu Kamis, 20/07/2003. Pertemuan tersebut guna melakukan pengukuran tanah atas milik Like Mananeke yang terletak di Kairagi Satu.

Kepala Seksi sengketa Alfred Mamahit menyampaikan bahwa agenda pengukuran tak bisa terlaksana dikarenakan salah satu pihak tak hadir dalam pertemuan tersebut.

Agenda selanjutnya akan segera diadakan guna membahas kembali hal tersebut, terlebih berlanjut hingga pengukuran. Namun saya tidak dapat berjanji bahwa bisa terlaksana kapan.

“tapi untuk bulan ini kemungkinan belum, karena BPN Manado banyak agenda. Contoh kasus tanah masyarakat yang siap ukur, samua batas-batas sudah siap belum terlaksana karna padat-Nya agenda BPN”. Ucap Alfred Kembali

Rainer Timothy Danielt, SH selaku kuasa hukum keluarga Like Mananeke menyoroti kinerja dari BPN Manado sehubungan dengan permasalahan tanah milik Like Mananeke di Kairagi Satu, Tanah yang dimohonkan pemohon utk diukur ini sudah sejak bulan Nobember 2022 , dan tanah yang dimohonkan bukanlah tanah sengketa, namun sudah terploting dan kejanggalanya plotingan yang berada di tanah klien saya itu tidak sesuai dengan SHM-Nya.

berarti dugaan saya ada yang salah dengan produk BPN sendiri, kami minta BPN harus tegas dalam menyelesaikan permasalahan ini sehingga dapat memberikan kepastian hukum tanah klien saya.

“cara kerja BPN Manado sangat tidak jelas, pasalnya tidak ada kepastian guna terciptaNya pengukuran tanah klien saya atas nama Like Mananeke, pertemuan tersebut tak ada saran atau alur yang jelas diberikan BPN kepada kami. Harusnya ada kepastian bahwa pengukuran tersebut akan di laksanakan pada tanggal atau bulan sekian. Contoh Terkait pihak yang tidak hadir kami akan segera menyurat ke pihak tersebut, pertemuan selanjutnya akan kita adakan segera pada tanggal dan bulan sekian”. Tutur Reiner

Cara kerja dari BPN Manado sangat tidak selaras dengan ucapan serta upaya dari Kakanwil Sulawesi-Utara yang menginginkan pengurusan sertifikat harus terarah dan tercipta secapat mungkin.

Terlebih harus diberikan kejelasan yang mumpuni dan kepastian kepada masyarakat agar tidak timbul narasi yang seolah masyarakat tidak percaya dengan kerja BPN.

Berdasar pada kejadian hari ini, saya merasa bahwa apa yang diucapkan oleh masyarakat terkait kinerja BPN yang tidak maksimal benar adanya. Tutup Rainer

Komentar