Venue Olahraga Segera Dibuka Prioritaskan Venue “Pada” dan Cabor Tanpa Kontak Fisik

JurnalPatroliNews Buleleng – Sejumlah venue olahraga direncanakan akan segera dibuka sehingga Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng saat ini tengah mengevaluasi serta berkoordinasi dengan KONI Buleleng.

Venue outdoor dan cabor tanpa kontak fisik akan diprioritaskan untuk pembukaan awal. Kepala Disdikpora Buleleng, Made Astika mengatakan, pembukaan venue olahraga sangat memungkinkan pada situasi pandemi di Buleleng yang sudah melandai. Dari penurunan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) serta zona penularan Covid-19.

Menurut Astika, mengacu pada Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri), fasilitas olahraga bisa dibuka secara terbatas. Fasilitas olahraga di ruang terbuka misalnya, diizinkan dibuka dengan jumlah orang sebanyak 25 persen. “Aktivitas olahraga di fasilitas olahraga diizinkan di ruang terbuka asal tidak ada kontak fisik. Kami masih koordinasi dengan KONI cabor apa saja yang nanti diizinkan dibuka dan melakukan latihan langsung,” jelas dia.

Astika mencontohkan sejumlah venue cabor yang dalam pertimbangan untuk dibuka seperti atletik, tenis lapangan, bulu tangkis, tenis meja dan lainnya. Sedangkan untuk cabor dengan venue outdoor, namun masih dapat mengundang massa dan kerumunan, masih akan dikaji lebih lanjut.

Sementara itu, Wakil Ketua II KONI Buleleng Ketut Wiratmaja mengatakan, saat ini tengah melakukan pemetaan fasilitas olahraga yang bisa dibuka. Rencananya hasil pemetaan itu akan disampaikan pada Disdikpora Buleleng sebagai bahan pertimbangan dalam membuka fasilitas olahraga.

“Masih dalam pemetaan cabor yang bisa dibuka saat ini, nanti hasilnya kami akan serahkan ke Disdikpora untuk segera ditindaklanjuti,” jelas Wiratmaja.

(*/TiR).-

Komentar