Ahmad Riza Patria: Produk Ikan dari Teluk Jakarta Negatif Paracetamol

JurnalPatroliNews – Hasil penelitian yang dilakukan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta mengungkapkan, produk ikan dari Teluk Jakarta tidak terpapar kandungan paracetamol. 

“Hasil terbaru untuk pengujian paracetamol sudah ditanyakan ke KPKP yang sudah melakukan penelitian, ikan-ikan yang ada di situ, alhamdulillah hasilnya negatif (kandungan paracetamol,red). Ini hasil penelitian terakhir,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria di Balai Kota DKI Jakarta, Sabtu (23/10).  

Namun, Riza tidak menjelaskan apakah dirinya sudah menerima hasil pengujian kualitas air di Teluk Jakarta, bahkan seperti apakah hasil penelitian tersebut.

“Tidak ada masalah,” kata Riza tanpa menjelaskan seperti apa hasil penelitian kualitas air di Teluk Jakarta.

Sebelumnya, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menyatakan sudah merampungkan penelitian sampel air Teluk Jakarta sejak lima hari lalu.  

“Hasilnya sudah ada,” ucap Kepala Bidang Pengendalian Dampak Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Yusiono saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin (18/10) lalu. 

Sebagai informasi, pengambilan sampel air laut yang diduga tercemar paracetamol itu dilakukan sejak 2 Oktober 2021.  

Sampel tersebut diteliti di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) DKI selama dua pekan terakhir.

Sebelumnya, warga ibu kota  digegerkan dengan fenomena kandungan paracetamol yang mencemari air laut di Teluk Jakarta. 

Hal ini terungkap berdasarkan hasil penelitian yang dimuat dalam jurnal bertajuk Science Direct pada Agustus 2021. 

Dalam jurnal itu disebutkan perairan Ancol memiliki konsentrasi tinggi kandungan paracetamol sebesar 420 ng/L. Kandungan paracetamol di kawasan Angke mencapai 610 ng/L. (ant/jpnn)

Komentar