BPJS Ketenagakerjaan Beri Jaminan Kepada Atlet Pencak Silat

JurnalPatroliNews – Jambi – Sebanyak 95 orang atlet pencak silat yang akan bertanding pada Kejuaraan Pencak Silat U 17 Kabupaten Tanjung Jabung Barat tahun 2023 mendapat perlindungan dari BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Jambi.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jambi Muhammad Syahrul mengatakan pihaknya terus  berkomitmen memperluas cakupan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan khususnya bagi pekerja informal atau pekerja bukan penerima upah (BPU). 

“Dalam kesempatan ini, fokus diberikan kepada atlet pencak silat. Sebanyak 95 peserta dari berbagai perguruan silat di Tanjab Barat yang akan bertanding  kami lindungi dengan program BPJS Ketenagakerjaan,” katanya, Selasa (7/11/2023).

Syahrul menegaskan bahwa BPJS Ketenagakerjaan siap melindungi pekerja dari berbagai profesi, termasuk atlet. BPJS Ketenagakerjaan menyediakan perlindungan bagi atlet pencak silat yang memiliki risiko cidera saat bertanding. 

BPJS Ketenagakerjaan memberikan dua program perlindungan yaitu,  Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM). Sebagai informasi, program JKK memberikan jaminan pemulihan kecelakaan kerja tanpa batas biaya dan tanpa batas waktu perawatan sampai peserta sembuh dan kembali beraktifitas di mana sifat perlindungannya tidak terbatas dan semua biaya ditanggung sesuai kebutuhan medis yang diperlukan. 

Dirinya berharap ke depan seluruh atlet dalam setiap pertandingan bisa mendapatkan perlindungan BPJS Ketenagakerjaan. Para atlet di daerah juga diharapkan mendaftar mandiri di kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat menggunakan KTP.

Menurutnya, seluruh pekerja termasuk atlet pun wajib diikutkan program BPJS Ketenagakerjaan, agar saat bertanding mereka merasa aman dan tenang, sehingga dapat memberikan hasil yang terbaik dalam pertandingan.

“Ini adalah contoh bagi pemerintah kabupaten/kota lainnya bahwa BPJS Ketenagakerjaan ikut hadir dalam mensukseskan kegiatan olahraga dengan memberikan perlindungan terhadap atlet yang akan bertanding. 

Untuk diketahui, Kejuaraan Pencak Silat U-17 Kabupaten Tanjung Jabung Barat ini akan dilaksanakan pada Desember mendatang.

Komentar