KemenKopUKM Berkolaborasi dengan PT Pos untuk Penguatan dan Pengembangan UMKM

Selain menyediakan lapak untuk berjualan yang lebih representatif dan kekinian, PT Pos Indonesia melalui UMKM Center di kantor-kantor cabangnya juga menyiapkan beberapa fasilitas seperti Service Center hingga Education Center. Dengan strategi ini diyakini semua kebutuhan UMKM dapat difasilitasi sehingga dapat mudah tumbuh berkembang.

Bahkan PT Pos Indonesia (Persero) siap memberikan dukungan akses pembiayaan yang lebih mudah dan murah dengan menggandeng pihak ketiga.

“Kami siapkan distribution center hingga fullfillment center atau warehousing. Jadi UMKM bisa menyimpan produknya di situ (UMKM Center),” kata Faizal.

Transformasi bisnis yang dilakukan PT Pos Indonesia (Persero) ini diklaim berhasil terutama dalam mendorong UMKM naik kelas. Dia berharap melalui kerja sama dengan KemenKopUKM ke depan akan semakin banyak UMKM yang berkembang.

“Ide Pak Menteri (Teten Masduki) kita sambut baik karena sesuai dengan transformasi yang kita lakukan. Terima kasih atas kesempatannya mempertemukan kami dengan UMKM binaan KemenKopUKM,” katanya.

Di tempat yang sama perwakilan dari Koperasi Kota Kreatif Indonesia Hardinansyah Putra Siji mengapresiasi kolaborasi yang dijalin antara KemenKopUKM dan PT Pos Indonesia (Persero) karena memberikan ruang yang lebih lebar untuk mendorong UMKM lokal berdaya saing. Pihaknya siap terlibat aktif untuk memperkuat daya saing UMKM tersebut.

“Kami melihat peluang dan potensi yang bisa kami dapatkan dari kerja sama ini. Kami selain sebagai aggregator (bagi UMKM), kami sudah siapkan skema kerja sama lanjutan dengan pelaku usaha dan pemilik brand lokal,” kata Hardinansyah.

Hal yang sama juga disampaikan Chief Executive Officer JakCloth Ruddy Lasut. Sebagai pemilik brand fesyen lokal, Ruddy sangat merasakan manfaat kerjasama yang telah dijalin KemenKopUKM dengan PT Pos Indonesia (Persero). Pangsa pasar dari produk fashion miliknya diakui semakin bertambah setiap periodenya.

“JakCloth banyak menjalin kerja sama dengan KemenKopUKM tapi goal tahun ini sangat baik karena mimpi kita untuk menaikkan kelas temen – temen di brand lokal itu bisa terjadi karena kerjasama yang dilakukan antara KemenKopUKM yang menginisiasi untuk ketemu dengan PT Pos Indonesia,” kata Ruddy.

Komentar