Pengawasan Orang Asing Di Bolmut Terus Diseriusi

JurnalPatroliNewsBoroko –  Kehadiran orang asing di Bolaang Mongindow Utara (Bolmut) terus diseriusi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmut.

Hal demikian sebagaimana disampaikan Sekretaris Daerah Bolmut Asripan Nani, pada rapat Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) bersama kantor Imigrasi kelas II kotamobagu, Rabu (13/10/2021).

Kegiatan yang dihadiri langsung kepala kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kotamobagu Usman, pejabat TNI/Polri, serta pimpinan OPD ini dipusatkan di Hotel Boroko, Kecamatan Kaidipang.

“Terimkasih kepada kantor Imgrasi telah memprakarsai kegiatan ini, yang saya nilai sangat penting dalam rangka menyatukan sinergitas pengawasan orang asing,” ungkap Sekda Asripan Nani.

Dijelaskan Asripan, kehadiran orang asing di negara kita bukanlah sesuatu yang baru, menggingat wilayah kita sebagai bagian dari pasar global seiring dengan menurunnya angka penyebaran covid 19.

“Sehingg tidak mustahil negara kita didatangi oleh orang asing dengan beragam aktivitasnya, seperti bisnis ekonomi, kunjungn wisata, kunjungan budaya, aktivitas sosial kemasyarakatan dan lain lain,” ujarnya.

Menurut Asripan, dilihat dari posisi yang sangat strategsi sebagai tujuan maupun transit lalu lintas orang asing dan barang maka sangat potensial diboncengi oleh kepentingan lain secara ilegal dan tidak bertanggung jawab.

“Misalnya perdagangan manusia, lalu (Human Trafficking), penyeludupan manusia, lalu lintas barang terlarang serta kepentingan bernuansa poltik, ekonomi, sosial budaya yang dapat mengancam stabilitas negara dan daerah,” tutup Sekda.

(Nofriandi Van Gobel)

Komentar