Prabowo Dorong Desa Indonesia Menuju Lumbung Pangan Global

JurnalPatroliNews – Bandung – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, menekankan peran penting kepala desa dalam mencapai swasembada pangan, terutama di daerah pedesaan yang kaya akan sumber daya alam dan hasil pertanian yang melimpah.

Pernyataan ini disampaikan dalam acara Rapat Kerja Daerah Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Jawa Barat, yang berlangsung di GOR C-Tra Arena, Bandung, pada Kamis (23/11). Prabowo mengajak kepala desa untuk bekerja sama dengan pihak militer dan Kementerian Pertanian guna meningkatkan produksi pangan di seluruh desa Indonesia, sebagai langkah yang juga berkaitan dengan aspek pertahanan.

“Desa memiliki peran vital sebagai sumber pangan, dan kami akan bekerja sama dengan Babinsa, TNI, dan petugas Kementerian Pertanian untuk mendorong peningkatan produksi pangan di seluruh desa. Potensi geografis dan keberagaman sumber pangan membuat Indonesia memiliki peluang besar untuk menjadi bangsa yang mandiri,” ujar Prabowo.

Menanggapi keberlimpahan sumber daya pangan di Indonesia, Prabowo optimistis bahwa tidak hanya swasembada pangan yang akan tercapai, tetapi Indonesia juga dapat menjadi lumbung pangan dunia.

“Alhamdulillah, kita memiliki sumber pangan yang sangat besar, dan dalam waktu dekat, kita akan mencapai swasembada pangan. Namun, kita tidak hanya akan menjadi negara yang mandiri dalam hal pangan, tetapi juga akan berkontribusi sebagai lumbung pangan dunia,” tambahnya.

Rapat Kerja Apdesi kali ini mengangkat tema “Mewujudkan Desa sebagai Tonggak Pembangunan menuju Indonesia Emas” dan dihadiri oleh sejumlah tokoh nasional.

Komentar