PLN Bantu Sediakan Listrik Untuk 1.000 Rumah Kepala Keluarga Pra Sejahtera

JurnalPatroliNews – Palu – Sebagai perusahaan penyedia tenaga listrik, PLN yang pada tanggal 27 Oktober 2021 kemarin merayakan momen Hari Listrik Nasional ke-76 terus berusaha memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Indonesia.

Tidak hanya fokus pada bisnis kelistrikan, PLN juga menaruh perhatian khusus pada program-program sosial yang dapat membantu masyarakat kurang mampu.

Salah satunya dengan adanya Program PLN Mobile Virtual Charity Run and Ride (VCRR) 2021.

Program VCRR ini telah dilaksanakan beberapa tahun terakhir dan pada tahun ini meskipun masih dalam kondisi pandemi, PLN tetap komit untuk menjalankan program tersebut.

PLN Unit Induk Wilayah Suluttenggo pun ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini dengan menghasilkan donasi bantuan biaya penyambungan listrik kepada 1.000 Kepala Keluarga Pra-Sejahtera yang terdiri dari 300 Keluarga di Sulawesi Utara, 200 Keluarga di Gorontalo, dan 500 Keluarga di Sulawesi Tengah dengan total bantuan Rp1.140.200.000,- (Satu Milyar Seratus Empat Puluh Juta Dua Ratus Ribu Rupiah).

General Manager PLN UIW Suluttenggo, Leo Basuki menyerahkan secara simbolis bantuan ini kepada Gubernur Sulawesi Tengah, H. Rusdy Mastura pada momen peresmian smart village di Desa Pakuli, Kabupaten Sigi.

Dalam sambutannya Leo Basuki menjelaskan, Program tahunan ini diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Listrik Nasional yang pada tahun ini mengusung tema Terang Negeriku, Tangguh Indonesiaku.

“Dalam setiap kilometer yang telah ditempu oleh para pelari dan pesepeda kami konversikan dalam bentuk rupiah dan digunakan untuk membiayai penyambungan listrik masyarakat kurang mampu. Besar harapan kami bahwa seluruh lapisan masyarakat dapat menikmati manfaat dari listrik itu sendiri,” ujar Basuki.

Gubernur Sulawesi Tengah, H. Rusdy Mastura memberikan apresiasi kepada PLN yang terus mengambil bagian melalui program-program bantuan sosial yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada PLN yang sudah membantu kami Pemerintah Daerah dalam meringankan beban masyarakat yang membutuhkan bantuan, kedepannya sinergi yang baik semoga akan tetap terjalin,” kata Rusdy.

Pada kesempatan itu juga hadir Bupati Kabupaten Sigi, Mohamad Irwan Lapatta yang turut mengambil bagian dalam simbolisasi penyalaan bantuan penyambungan listrik gratis kepada salah satu Kepala Keluarga yang ada di Desa Pakuli.

Inam sebagai salah satu penerima manfaat bantuan PLN Mobile Virtual Charity Run and Ride (VCRR) 2021 merasa sangat terbantu dengan kepedulian yang diberikan PLN tersebut.

Selama 17 tahun mereka menempati rumah yang sementara mereka huni, belum pernah sekalipun merasakan listrik dari PLN.

“Sebelumnya kami hanya mengandalkan lilin sebagai sumber penerangan, serta untuk mengembangkan usaha kue yang kami rintis belum bisa menggunakan mixer dan hanya mengandalkan cara konvensional menggunakan tangan,” tutur Inam.

Inam mengungkapkan, anak-anaknya juga hanya bisa memaksimalkan waktu belajar disiang hari, karena pada malam hari sudah kesulitan dalam belajar karena pencahayaan minim yang hanya dari lilin saja.

“Melalui bantuan yang sudah diberikan oleh PLN kepada kami ini, sekarang kami dapat beraktivitas dengan nyaman serta dapat mengembangkan usaha kami dengan hadirnya listrik. Terima kasih juga kami sampaikan kepada seluruh peserta PLN Mobile Virtual Charity Run and Ride (VCRR) 2021,” ucap Inam.

Selain menyerahkan bantuan kepada masyarakat yang ada di Provinsi Sulawesi Tengah, PLN UIW Suluttengo juga secara bertahap menyalurkan bantuan serupa kepada Keluarga Pra-Sejahterah lainnya yang ada di Provinsi Sulawesi Utara, dan Gorontalo.

(***/srisurya)

Komentar