Jauhi 3 Mindset Ini, Bisa Bawa Kemiskinan Seumur Hidup!

JurnalPatroliNews – Jakarta – Setiap orang memiliki peluang untuk berkembang secara finansial. Namun, seringkali seseorang terjerat dalam pola pikir yang merugikan, yang pada akhirnya dapat mengancam stabilitas keuangan mereka.

Pola pikir merugikan biasanya timbul karena keyakinan internal yang kuat. Ini sering kali dipicu oleh pengalaman traumatis, kegagalan masa lalu, atau realitas hidup yang tak sesuai harapan.

Ramit Sethi, pengarang buku ‘I Will Teach You To Be Rich’, mengidentifikasi tiga sikap yang dapat merusak keuangan pribadi Anda di masa mendatang. Bagi Sethi, mengubah sedikit pola pikir tentang uang bisa menjadi kunci untuk meningkatkan kualitas hidup secara finansial.

Berikut adalah tiga sikap merugikan yang dapat membahayakan stabilitas keuangan, menurut Sethi pada Jumat (9/2/24):

  • Uang adalah topik yang tabu untuk dibicarakan Sethi menegaskan bahwa percakapan tentang uang seringkali dihindari oleh masyarakat, terutama di Amerika Serikat. Namun, untuk meraih kesuksesan finansial, penting untuk bisa nyaman berdiskusi tentang uang, baik dengan diri sendiri maupun pasangan hidup.

Mengatasi ketidaknyamanan ini merupakan langkah penting dalam membangun hubungan yang sehat dengan uang, yang pada akhirnya memungkinkan pengambilan keputusan finansial yang lebih cerdas.

  • ‘Skrip’ finansial Anda bisa diubah Pemahaman kita tentang uang dipengaruhi oleh pengalaman dan kondisi keuangan masa lalu. Setiap individu membawa pola pikir tentang uang yang telah terbentuk sejak masa kecil, yang kemudian berdampak pada kebiasaan finansial saat dewasa.

Mengenali “skrip” finansial yang telah tertanam dalam pikiran kita dan bersedia untuk membuat skrip baru yang lebih sehat merupakan langkah penting untuk menciptakan masa depan finansial yang lebih baik.

  • Investasi bukanlah eksklusif untuk orang kaya Sethi menekankan bahwa investasi tidak hanya terbatas pada orang-orang berpendapatan tinggi. Bahkan dengan penghasilan yang terbatas, Anda bisa memulai proses investasi dengan jumlah yang kecil. Akumulasi kekayaan membutuhkan waktu, ketekunan, dan konsistensi.

“Jangan menunda-nunda untuk berinvestasi karena anggapan bahwa itu hanya untuk orang kaya. Investasi adalah salah satu langkah untuk membangun kekayaan dari waktu ke waktu,” ungkapnya.

Dengan mengenali dan mengubah sikap-sikap tersebut, Anda dapat memperbaiki kondisi keuangan pribadi Anda dan mencapai kesuksesan finansial yang lebih besar di masa depan.

Komentar