Kesehatan Optimal Dengan Tidur Siang, Ada Manfaatnya?

JurnalPatroliNews – Jakarta – Dalam uraian yang disampaikan oleh pakar kesehatan masyarakat, Dr. Ngabila Salama, dikemukakan bahwa istirahat tengah hari yang berkualitas memberikan beragam manfaat positif bagi kesejahteraan tubuh.

Ada beragam manfaat tidur siang yang bisa kita sebagai manusia dapatkan, mulai dari menjaga konsentrasi dan kewaspadaan, meningkatkan suasana hati, sampai menurunkan tekanan darah,” katanya.

“Tidur siang juga sebenarnya tidak memerlukan waktu yang panjang, dan bisa kita lakukan di sela-sela kesibukan,” ujarnya.

Dikutip dari Antaranews, Dr. Ngabila menjelaskan bahwa istirahat memberikan efek relaksasi pada tubuh dan jika dilakukan secara teratur dalam jangka waktu yang panjang, dapat meningkatkan daya ingat, keterampilan motorik, dan persepsi sensorik.

Dia menekankan bahwa rehat siang juga dapat meningkatkan produktivitas dalam pekerjaan dan mengurangi risiko kesalahan.

“Manfaat tidur lain yang bisa dirasakan, terutama dari tidur siang, adalah membantu meningkatkan kewaspadaan diri, karena dapat memulihkan kembali otak yang kelelahan dari banyaknya informasi yang kita terima sehari-hari,” ungkapnya.

Dr. Ngabila menjelaskan bahwa selama istirahat siang, otak akan membersihkan informasi yang tidak perlu dari penyimpanan sementara, sehingga dapat lebih efektif dalam menyerap informasi yang baru.

Sebagai tambahan, ia menyatakan bahwa istirahat selama 15 menit setiap hari dapat membantu mengurangi tingkat stres.

“Kreativitas kita bisa meningkat jika tidur siang sebentar di sela kegiatan dan menurunkan tekanan darah dan risiko penyakit jantung karena penurunan hormon kortisol. Dengan tidur siang meski sebentar, stres bisa menurun dan tekanan darah tetap stabil,” pungkasnya.

Komentar