256 Warga Mengungsi dan 24 Masih Hilang Akibat Banjir Bandang di Flores NTT

JurnalPatroliNews – NTT,– Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan perkembangan terkini bencana banjir bandang di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (5/4). 

“Mencatat 256 jiwa warga mengungsi di Balai Desa Nelemawangi dan sejumlah warga lainnya mengungsi di Balai Desa Nelelamadike,” demikian keterangan BNPB, Senin (5/4).

Sementara warga hilang masih tercatat sejumlah 24 orang dan meninggal dunia 44. Sedangkan warga luka-luka, mereka telah mendapatkan perawatan medis.

“Sebanyak sembilan desa yang tersebar di empat kecamatan terdampak peristiwa ini,” bebernya.

Kedelapan desa tersebut yaitu Desa Nelemadike dan Nelemawangi (Kecamatan Ile Boleng), Desa Waiburak dan Kelurahan Waiwerang (Adonara Timur), Desa Oyang Barang dan Pandai (Wotan Ulu Mado), dan Desa Duwanur, Waiwadan dan Daniboa (Adonara Barat).

Sedangkan kerugian materil masih tercatat rumah hanyut 17 unit, terendam lumpur 60, dan jembatan putus 5. BPBD setempat masih terus melakukan pendataan dan verifikasi dampak korban maupun kerusakan infrastruktur.

Sebelumnya, BMKG telah merilis adanya dua bibit siklon tropis yang dapat berdampak pada cuaca ekstrem. Salah satunya potensi curah hujan lebat dan angin kencang di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) pada sepekan ini, 3-9 April 2021.

(askara)

Komentar