Anies Dibuat Terharu dengan Kisah Rosi Bocah Penjaga Warung Pecel Lele

JurnalPatroliNews – Jakarta,– Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membagikan pengalamannya ketika mampir di warung pecel lele setelah bersepeda dari Stasiun MRT Lebak Bulus pada Jumat (26/3) malam.

Anies bertemu dengan bocah lelaki yang membantu kedua orang tuanya berjualan di warung pecel lele.

Anak tersebut sangat lincah ketika membantu orang tuanya berjualan. Dengan tangkas memotong sayuran dan menyeduh teh. Anies berusaha memanggilnya tapi rupanya bocah itu terus bekerja.

“Di sebuah warung Pecel Lele, seorang anak usia 14-an tahun serius bekerja. Dia terampil bergerak dari satu tugas ke tugas lain,” tulis Anies dalam unggahan di Instagram, Sabtu (27/3).

Di warung itu, pengemudi ojek datang silih berganti mengambil pesanan. Pantas saja pekerjaan tidak pernah berhenti. Bocah lelaki itu seakan sangat ceria mengerjakan tugasnya.

“Menyiapkan nasi, ataupun mencuci piring-gelas kotor. Anak ini lincah, tangkas dan ceria,” tulis Anies.

Mantan mendikbud itu berusaha ingin mengajak berbincang, namun sang bocah tak kunjung datang.

“Saya panggil dia dan sampaikan, “Kalau sudah selesai bantu-bantu, nanti ke sini lagi ya.” Tapi dia lama tidak balik, rupanya dia nonstop bekerja,” jelas Anies.

Setelah Anies menyelesaikan makan malamnya, bocah tersebut langsung memperkenalkan diri.

“Saya selesai makan, baru dia datang. Dia tak canggung, menjawab dengan fasih. Namanya: Muhammad Fahri Husaini Arrosi, panggilannya Rosi,” terang Anies.

Rosi mengaku masih sekolah kelas VIII SMP. Ia bersekolah di siang hari dan pada malam harinya membantu orang tua berjualan. Rosi mengatakan ingin menjadi seorang pengusaha.

Selanjutnya, Anies bercerita kalau keluarga Rosi sangat sederhana tapi ayah dari bocah itu merupakan sosok pendidik yang hebat.

“Keluarga ini sederhana, tapi mereka tangguh. Terlihat bahwa sesungguhnya Pak Agus itu pendidik yang hebat. Dia sedang mendidik anaknya menjadi ulet, terampil dan bersahaja,” tulis  Anies.

Di akhir unggahannya, Anies mendoakan Rosi serta jutaan Rosi lainnya agar makin tangguh ditempa dan kelak menjadi pribadi membanggakan bagi orang tua dan semua orang.

“Kita doakan Rosi, serta jutaan Rosi lain di kota ini dan bangsa ini, makin tangguh ditempa dan kelak jadi pribadi membanggakan bagi ibunya, bagi ayahnya dan bagi kita semua,” tutup Anies.

(askara)

Komentar