Antisipasi Pembengkakan Covid-19, Jokowi Perintahkan Menkes Pastikan Kesiapan RS Jelang Nataru

JurnalPatroliNews – Jakarta – Presiden Joko Widodo memeritahkan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kesehatan (Menkes) memastikan kesiapan Rumah Sakit menjelang libur Natal 2021 dan tahun baru (Nataru) 2022. Dikhawatirkan periode libur tersebut mengakibatkan pembengkakan angka Covid-19.

“Saya minta Menkes melakukan langkah antisipasi untuk memastikan kesiapan RS apabila terjadi lonjakan pasien sakit selama akhir Desember dan awal Januari 2022,” ucap Jokowi saat Ratas evaluasi PPKM di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (22/11).

Jokowi juga menginstruksikan Menkes memetakan situasi terutama di daerah yang berpotensi terjadinya peningkatan kasus Covid-19.

“Saya minta seluruh kementerian/lembaga frekuensinya sama dalam menghadapi bulan Desember 2021 ini. Sekali lagi, memiliki frekuensi yang sama. Jangan terjebak pada ego sektoral, utamakan kerja sama dan koordinasi sehingga kelihatan kita memiliki frekuensi sama,” ujar Jokowi.

Diketahui saat ini pemerintah tengah memberlakukan PPKM level 3 atau pengetatan di seluruh wilayah Indonesia guna untuk mengantisipasi naiknya kasus Covid-19 pada periode libur Natal 2021 dan Nataru 2022.

Jokowi juga menugaskan seluruh menteri dan kepala instansi untuk bisa mencapai target vaksinasi yang ditetapkan yakni, 70% masyarakat harus sudah di suntik vaksin pada akhir tahun 2021.

Komentar