Bagi Pengalaman Ke Walkot Pariaman, Sudah Teruji: Ganjar Perkenalkan Desa Wisata Lerep

JurnalPatroliNews – Pariaman – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengunjungi Desa Wisata Lerep, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. Ganjar mendampingi Wali Kota Pariaman Genius Umar yang sedang melakukan studi tiru kepala desa, lurah dan camat se-Kota Pariaman, Provinsi Sumatera Barat.

Dilansir rekan media, dalam kesempatan tersebut, Ganjar memperkenalkan Desa Wisata Lerep sebagai desa yang tinggi akan potensi wisata. Desa Lerep diketahui menjadi salah satu desa wisata unggulan di Jawa Tengah.

Pada November tahun 2022, Desa Wisata Lerep juga telah menjadi kategori Desa Wisata Maju dengan potensi wisata edukasi, wisata air, wisata kuliner, wisata budaya, wisata alam hingga wisata atraksi.

“Desa (Lerep) sudah teruji. Mulai dari daerah yang sangat kering, terus ada bantuan keuangan yang dipakai untuk membangun embung ada manfaat untuk pertanian, tapi juga pariwisatanya boom bahkan beberapa kali menjadi juara,” ujar Ganjar dalam keterangan tertulis, Jumat (14/7/2023).

Dia menjelaskan perkembangan Desa Wisata Lerep tidak lepas dari kolaborasi antara Pemprov Jawa Tengah, Pemkab Semarang dan peran aktif warga dalam mengoptimalkan potensi di daerahnya.

Selain itu, Ganjar pun mengatakan dirinya mendorong pengembangan dan kemajuan desa wisata dengan membuat peraturan khusus. Antara lain, melalui Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Jawa Tengah Nomor 2 Tahun 2019 Tentang Pemberdayaan Desa Wisata.

Komentar