Capres 2024! PAN Usulkan 9 Nama Kandidat Diantaranya Ada…

JurnalPatroliNews – Jakarta – Partai Amanat Nasional (PAN) merekomendasikan 9 nama kandidat calon presiden (capres) yang bakal diusung di Pemilu 2024. 

Kesembilan 9 nama kandidat capres itu berasal dari petinggi partai, menteri hingga kepala daerah dan merupakan hasil dari Rakernas PAN.

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan mengatakan, 9 nama tersebut dibagi dalam tiga klaster. 

Pertama, klaster politik. PAN merekomendasikan Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PPP Suharso Monoarfa, Ketua DPP PDIP Puan Maharani hingga dirinya sendiri.

“Pertama PAN saat ini sudah berada dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Koalisi ini harus punya peran dalam kontestasi politik mendatang. Semua ketua-ketua partai dalam KIB bisa kita dorong, baik pak Airlangga dari Golkar, pak Suharso Monoarfa dari PPP. Ibu Puan Maharani dari PDIP, maupun saya dari PAN,” ujar Zulhas, saat menutup Rakernas, Sabtu malam (27/8). 

Klaster kedua berasal dari unsur teknokrat. Menurut Zulhas, kader-kader PAN dari berbagai daerah melihat sosok Menteri BUMN Erick Thohir agar maju dalam Pilpres 2024.

“Kader PAN dari berbagai daerah melihat sosok Menteri BUMN, Erick Thohir, untuk maju dalam Pilpres 2024,” jelas Zulhas.

Klaster ketiga, adalah kepala daerah. Dikatakan, klaster ini paling semarak diusulkan oleh para kader agar menjadi capres dalam Pilpres 2024.

Mereka adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

“Ketiga, kluster kepala daerah. Ini paling semarak diusulkan dari berbagai daerah. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Ada Gubernur DKI Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa,” pungkas Zulhas.

Komentar