Dekranasda Buleleng Ingin Cetak Penenun Profesional Sambut Baik Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha

JurnalPatroliNews – Singaraja,- Sebagai salah satu upaya melatih peserta didik untuk memiliki jiwa kewirausahaan yang nantinya bisa merintis usaha sendiri, Kemendikbudristek telah meluncurkan Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW). Melalui program PKW, nantinya diharapkan akan tumbuh wirausaha-wirausaha muda baru yang mampu menciptakan lapangan pekerjaan serta berkontribusi dalam upaya pertumbuhan ekonomi melalui pengembangan sektor-sektor ekonomi, salah satunya yaitu kerajinan tenun songket.

Pada kesempatan ini, Ketua Dekranasda Buleleng, Ny. Paramita Lihadnyana mengikuti acara pembukaan program PKW Tenun Tenun Indonesia 2022 ditempat terpisah secara virtual. Dimana kegiatan yang dibuka dan sekaligus diresmikan langsung oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo ini di pusatkan di Provinsi Jambi dan diikuti oleh pengerajin tenun dari enam Provinsi yang ada di Indonesia secara daring.

Disisi lain, Ariston Adhi Pamungkas selaku Sekretaris Dekranasda Buleleng berkesempatan hadir langsung melihat proses tenun di tempat Pengerajin Songket Poni Desa Jinengdalem, Kamis, (20/10). Pihaknya sangat menyambut baik kegiatan ini, dimana untuk di Kabupaten Buleleng diikuti oleh 28 perserta yang dibagi menjadi 2 tempat, yakni di Desa Jinengdalem (Poni’s) dan Desa Kalianget (Budi Martin).

Ariston Adhi menuturkan, kegiatan ini akan berlangsung dari Bulan Oktober sampai dengan Bulan Desember 2022 dengan peserta yang berumur 15-25 Tahun khususnya yang putus sekolah. Untuk di Bali sendiri ada 2 Kabupaten yang mengikuti PKW diantaranya Buleleng dan Jembrana dengan tujuan agar mereka bisa belajar menenun.

Untuk diketahui, masing masing peserta akan mendapatkan bantuan berupa alat tenun bukan mesin (BM) dan 1 set benangnya. Kedepannya kemampuan dari peserta akan terus ditingkatkan dan hasil produksinya bisa dipasarkan.

“Jika hasilnya cocok kami siap pasarkan, karena kami juga sudah menggandeng pengerajin tenun ternama di Buleleng yakni Budi Martin dan Poni’s, melalui merekalah karya-karya dari peserta yang mengikuti program PKW akan dipasarkan,” pungkasnya.

Komentar