Latihan Rutin Damkar: Relawan Diharapkan Mampu Tangani Kebakaran Awal Melalui Latihan Rutin

JurnalPatroliNews – Singaraja,- Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Buleleng kembali memberikan pelatihan pencegahan bahaya kebakaran dan penyelamatan kepada relawan pemadam kebakaran. Kali ini pelatihan menyasar relawan dari Kelurahan Astina, Kelurahan Kampung Baru dan perwakilan SKPD lingkup Pemkab Buleleng, Jumat (22/3/2024).

Bertempat di areal Eks. Pelabuhan Buleleng, Kepala Bidang Pencegahan Bencana Damkar Buleleng, Made Hadi Saputra menyampaikan pelatihan yang rutin dilakukan setiap bulan itu tujuannya untuk meningkatkan kemampuan relawan dalam menangani kebakaran awal yang terjadi di masing-masing desa/kelurahan.

“Relawan yang sudah kami kukuhkan ini nantinya akan bertindak melakukan penanganan kebakaran awal yang terjadi. Ini menjadi penting untuk mencegah dampak kerugian,” terang Kabid Hadi.

Dalam prakteknya, pihaknya menjelaskan kepala lingkungan atau kepala dusun yang lebih dekat dengan masyarakat tentunya menjadi ujung tombak ketika kebakaran awal terjadi. Sehingga pihaknya juga menganjurkan setiap desa/kelurahan wajib memiliki alat pemadam kebakaran (Apar) untuk membantu menangani kebakaran awal.

Kabid Hadi berharap relawan mengikuti pelatihan dengan baik, sehingga berbagai ilmu yang diberikan dapat dipraktekkan dengan benar ketika kebakaran awal terjadi di tempatnya masing-masing.

“Pelatihan yang kami berikan langsung dipraktekkan hari ini juga. Ini untuk menguji kepanikan tiap relawan, agar nanti ketika kebakaran terjadi para relawan mampu menanganinya dengan tenang,” pungkasnya.

Komentar