Diacara Rakor Persiapan Program ‘GERATIS TUNTAS’, Kakanwil BPN Sumut Disematkan Pakaian Adat Simalungun

JurnalPatroliNews – Simalungun,– Sebagai simbol Penerimaan Warga Kehormatan Simalungun, Kakanwil BPN Provinsi Sumut DR. H.Dadang Suhendi, SH, MH diberikan penghargaan Penyematan Seperangkat Pakaian Tradisional Adat Simalungun.

Penyematan pakaian adat kepada DR. H.Dadang Suhendi, SH, MH langsung oleh Bupati Simalungun Radiapoh H Sinaga, SH disaksikan Oleh Wakil Bupati H. Drs Zony Waldy, M Si, di Aula Jabanten Damanik Kantor Bupati Pematang Raya, Kamis, 27 Mei 2021.

Diketahui, Penyematan pakaian adat Simalungun tersebut pada kunjungan kerja Kakanwil BPN Provinsi Sumatra Utara untuk menghadiri Rakor persiapan pencanangan program GERATIS TUNTAS ( Gerakan Tertib Data Yuridis dan Tertib untuk Tanda Batas ) di kabupaten Simalungun.

“Program GERATIS TUNTAS merupakan bentuk kerjasama Kantor Pertanahan Kabupaten Simalungun dengan Pemkab Simalungun dalam rangka strategi percepatan pendaftaran tanah sistimatis lengkap (PTSL) menuju terwujudnya Desa Lengkap, Kabupaten lengkap,” Kata DR. H.Dadang Suhendi, SH, MH, Kakanwil Sumut.

“Program GERATIS TUNTAS sasarannya adalah terhadap objek bidang tanah yang belum terdaftar pada kantor pertanahan dan yang belum terkena objek PTSL,” tandasnya

Lanjut Dadang Suhendi, Diharapkan bila Program ini telah berjalan maka disetiap kantor Desa akan memiliki database bidang tanah (data fisik ) dan hubungan kepemilikan, penguasaannya ( data yuridis) serta penguasaan dan penggunaannya.

“Sehingga akan mempermudah percepatan PTSL, juga meningkatkan pendapatan asli daerah dari PBB dan BPHTB transaksi jual beli atau perbuatan dan peristiwa hukum peralihan hak lainnya,” pungkas Kakanwil Sumut, DR. H.Dadang Suhendi, SH, MH .

(*/lk)

Komentar