Ditengah Pelonggaran Pembatasan Covid-19, Tiba-tiba Xi Jinping ‘Menghilang’, Jadi Pertanyaan!

“Kalau tidak, tidak dapat dijelaskan mengapa tepat sebelum protes, mereka sebenarnya menggandakan nol-covid dan membalikkan kebijakan relaksasi.”

Kebijakan nol-Covid ala Xi juga sebelumnya mendapatkan pandangan yang kurang baik dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Pasalnya, kebijakan yang menahan mobilisasi ini justru membuat kekebalan warga terhadap Covid-19 menjadi rendah.

Namun, bila China memutuskan untuk melonggarkan kebijakan itu, hal ini justru menimbulkan kekhawatiran karena rendahnya angka kekebalan warga yang nantinya mampu menaikan jumlah kasus harian. Apalagi dengan situasi musim dingin yang mendekat.

“Selalu sangat sulit bagi negara manapun yang keluar dari situasi di mana Anda memiliki kontrol yang sangat, sangat ketat. China menghadapi waktu yang sangat sulit dan sulit,” papar juru bicara WHO Margaret Harris dilansir Reuters.

Sementara warga dan para ahli di luar China memperingatkan musim dingin yang gelap di depan, komentar halaman depan dari media propaganda Partai Komunis menyatakan kebijakan Xi telah “sepenuhnya benar” selama ini.

Komentar