Dr. Reda Manthovani: Rotasi Pejabat Baru di Lingkungan JAM INTEL Upaya Tingkatkan Kapasitas Kelembagaan

JurnalPatroliNews – Jakarta – Jaksa Agung Muda Intelijen (JAM-Intelijen) Prof. Dr. Reda Manthovani memberikan sambutan serta melantik, mengambil sumpah, dan menyaksikan serah terima jabatan Pejabat Eselon II dan Eselon III di lingkungan Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen (JAM INTEL).

Mengawali sambutannya, JAM-Intelijen menyampaikan bahwa proses pelantikan Pejabat Eselon II dan Eselon III di lingkungan JAM INTEL merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari keseluruhan mata rantai penggerak roda organisasi yang terus berputar, tidak terputus, solid, utuh, saling mendukung dan saling melengkapi.

“Prosesi ini merupakan wujud komitmen untuk memberi penyegaran pada perputaran roda organisasi Kejaksaan, yang tidak hanya mengacu pada mekanisme tour of duty maupun tour of area semata, akan tetapi dilaksanakan atas dasar penilaian objektif kepada pejabat baru sesuai kebutuhan organisasi saat ini,” ujar JAM-Intelijen.

Menurut JAM-Intel, prosesi pelantikan ini merupakan bagian dari ikhtiar bersama sebagai upaya untuk memajukan dan meningkatkan kapasitas kelembagaan secara utuh dan menyeluruh, terutama ditujukan dalam rangka menghindari segala bentuk stagnansi dan kesenjangan operasional yang mungkin timbul dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi.

Oleh karenanya, JAM-Intelijen berharap melalui pelantikan pejabat baru ini dapat memberikan implikasi yang positif bagi keterpaduan gerak roda perputaran organisasi menuju arah dan tujuan yang telah ditetapkan sesuai harapan kita bersama.

“Estafet kepemimpinan akan senantiasa bergulir, dan untuk itu keputusan rotasi dan promosi ini tentunya haruslah dapat dimaknai sebagai trigger bagi saudara-saudara sebagai insan Adhyaksa terpilih untuk terus meningkatkan kualitas diri, kapabilitas, serta wawasan dengan diiringi peningkatan integritas moral sebagai pengabdi dan pengayom hukum yang bermartabat dan beretika,” papar JAM-Intelijen.

JAM-Intelijen juga menyampaikan bahwa program-program kerja bidang Intelijen sangatlah luas, yakni di bidang Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial dan Budaya, Pertahanan dan Keamanan. Berangkat dari sebuah kesadaran bahwa jajaran Intelijen Kejaksaan sebagai pendukung (supporting)  utama, memainkan peran penting dalam menyukseskan program seluruh bidang, maupun tugas pokok, fungsi dan wewenang Kejaksaan pada umumnya, khususnya mendukung keberhasilan operasi yustisi penegakan hukum.

“Intelijen kejaksaan selaku penyelenggara intelijen penegakan hukum harus memberikan kontribusi dalam mengantisipasi, memprediksi, dan mengatasi berbagai tantangan serta hambatan dalam dinamika kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” tambah JAM-Intelijen.

Komentar