Flu Burung Bisa Menular ke Sapi, Ini Pesan WHO!

JurnalPatroliNews – AS,- Virus flu burung H5N1, disinyalir bisa menulari hewan ternak Sapi. Penyebarannya, termasuk sapi yang berada di Negara luar Amerika Serikat (AS).

“Dengan virus yang dibawa ke seluruh dunia lewat burung yang berimigrasi, tentu ada risiko untuk sapi-sapi di Negara lain tertular,” ujar Wenqing Zhang, kepala Program Influenza Global WHO, dikutip Reuters, pada Selasa (30/4/24).

Zhang menilai, AS cukup transparan terkait penanganan wabah flu burung yang tengah menjangkiti wilayah di Negara itu. Termasuk, selalu menerima pembaruan rutin, dan memuji keputusan terkait pembagian urutan genetik virus sejak dini.

Diketahui, Departemen Pertanian AS, menemukan flu burung pada sampel jaringan paru-paru dari sapi perah yang akan disembelih.

Usai temuan itu, pejabat AS melakukan verifikasi keamanan susu dan daging. Mereka juga memastikan, 34 peternakan sapi perah di 9 Negara bagian, terkonfirmasi virus H5N1.

Departemen Pertanian AS, tengah berupaya memberantas virus, dan mewajibkan sapi perah memiliki hasil negatif sebelum dipindahkan ke seluruh Negara bagian.

Zhang menyatakan, risiko kesehatan masyarakat terkait flu burung, masih rendah. Meski demikian, virus itu harus tetap diwaspadai.

Sementara itu, WHO mengimbau masyarakat hanya mengkonsumsi susu pasteurisasi. Pasalnya, Susu tersebut mampu membunuh bakteri dan virus.

Badan Kesehatan Dunia itu juga menyarankan, agar masyarakat menghindari meminum susu mentah, sehingga terhindar dari penularan Virus tersebut.

Komentar