Hore! Vaksin Sinovac Efektif Lawan Varian Covid Inggris-Afsel

JurnalPatroliNews – Jakarta, Pusat biomedis Butantan di Sao Paulo, Brasil mengatakan, vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh Sinovac Biotech China, CoronaVac, efektif melawan varian Inggris dan Afrika Selatan.

“Kami telah menguji vaksin ini di China terhadap varian bahasa Inggris dan Afrika Selatan, dengan hasil yang baik,” kata Dimas Covas, Kepala Pusat Biomedis Butantan, selaku lokasi ujicoba domestik vaksin China dan pemasok dosis ke Kementerian Kesehatan Brasil.

Namun, Covas tidak memberikan rincian lebih lanjut seberapa efektif vaksin itu terbukti melawan strain corona dari Inggris dan Afsel ini.

Selain itu, Covas mengatakan Butantan juga sedang menguji vaksin bernama CoronaVac ini terhadap virus varian Brasil yang muncul di kota Manaus.

“Segera kami akan mendapatkan hasil dan kami sangat yakin itu akan berhasil,” kata Covas, yang berbicara pada konferensi pers di kota kecil pedalaman Serrana, dikutip dari Reuters

Covas mengatakan, dirinya berharap CoronaVac memiliki keunggulan dibandingkan vaksin lain karena teknologi yang digunakannya, yakni versi virus corona yang tidak aktif.

Kemanjuran vaksin China terhadap strain Brasil khususnya akan sangat penting bagi Brasil. Pemerintah telah mengamankan 100 juta dosis dan menjadikan vaksin itu sebagai pusat kampanye inokulasi.

Komentar Covas muncul ketika beberapa kota di Brasil, termasuk ibu kota negara bagian Rio, Salvadorm dan Cuiaba telah menangguhkan vaksinasi baru karena mereka kehabisan dosis.

(cnbc)

Komentar