Jasamarga: Lebih dari 100 Ribu Kendaraan Diprediksi Kembali ke Jabodetabek

JurnalPatroliNews – Jakarta – PT Jasamarga memperkirakan bahwa masih sekitar 40 persen dari total pemudik, atau lebih dari 100 ribu kendaraan, akan kembali ke wilayah Jabodetabek melalui gerbang tol Kalihurip Utama hingga hari Senin mendatang (15/4).

Pada hari ini, Minggu (14/4), terjadi peningkatan volume lalu lintas di sepanjang Tol Cipularang-Padaleunyi menuju Jakarta. Kepadatan terutama terjadi di sekitar rest area Kilometer 125 dan Kilometer 97.

Widiyatmiko Nursejati, Senior General Manager Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division, mengatakan bahwa pihaknya telah bekerja sama dengan kepolisian untuk mengatasi kepadatan lalu lintas dengan melakukan berbagai langkah rekayasa.

“Seperti buka tutup akses rest area sesuai diskresi kepolisian jika dibutuhkan, mengoptimalkan gardu transaksi menuju Jakarta di GT kalihurip Utama, serta penambahan mobile reader,” jelasnya, lewat keterangan tertulis.

Jasamarga juga memastikan bahwa petugas di lapangan siap untuk menjaga kelancaran lalu lintas dan kenyamanan pengguna jalan selama masa arus balik di Jawa Barat.

Masyarakat diimbau untuk memanfaatkan lima rest area yang tersedia di sepanjang Tol Padaleunyi dan Cipularang, yaitu Kilometer 149 dan Kilometer 125 (Padaleunyi), serta Kilometer 97, Kilometer 88, dan Kilometer 72 (Cipularang).

“Jika rest area padat, dapat melanjutkan perjalanan dan menggunakan rest area berikutnya,” imbuhnya.

Komentar