Jimly Asshiddiqie: Basuki dan Raja Juli Cocok untuk Pimpin IKN

JurnalPatroliNews – Jakarta – Penunjukan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, sebagai Plt Kepala Otorita IKN dinilai sudah tepat.

Mantan Hakim Mahkamah Konstitusi, Jimly Asshiddiqie, berpendapat bahwa kombinasi antara Basuki dengan Wakil Menteri ATR/BPN, Raja Juli Antoni, sebagai Wakil Kepala Otorita IKN adalah keputusan yang tepat.

“Mungkin memang lebih baik langsung dipimpin menteri PUPR, yang bertanggung jawab dalam urusan pembangunan, dan Wamen ATR/BPN yang mengurusi lahan,” kata Jimly, lewat akun X miliknya, Senin (3/6).

Penunjukan ini dilakukan setelah Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe, mengundurkan diri.

Pengunduran diri Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menjadi perhatian banyak pihak. Beredar kabar bahwa salah satu alasan pengunduran diri adalah karena gaji yang belum dibayarkan.

Selain itu, masalah lahan antara masyarakat adat dan pemerintah juga belum terselesaikan. Target-target pembangunan infrastruktur hingga kini masih belum menunjukkan kemajuan yang signifikan.

Terlebih lagi, Presiden Joko Widodo berencana mengadakan upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di IKN pada 17 Agustus 2024.

Komentar