Jokowi Teken Kesepakatan, Kerja Sama RI-Vietnam Soal Ketahanan Pangan

JurnalPatroliNews – Jakarta – Retno Marsudi Menteri Luar Negeri, menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memberikan lampu hijau untuk memulai kerja sama terkait ketahanan pangan dengan Vietnam. Langkah ini diambil setelah pertemuan Retno dengan Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh beberapa waktu yang lalu di Hanoi.

“Negosiasi akan segera kita lakukan,” kata Retno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jumat (26/4/2024).

“Dan tadi saya laporkan ke pak presiden dan bapak presiden mengatakan oke segera siapkan untuk kita bisa mulai negosiasi. Jadi ketahanan pangan dalam konteks lebih luas ya,” tambahnya.

Dia menegaskan bahwa kerja sama tersebut tidak hanya terbatas pada rencana impor beras, tetapi juga mencakup aspek-aspek yang lebih luas dalam konteks ketahanan pangan. Lebih lanjut, kerja sama antara kedua negara akan segera dilakukan.

“Jadi kalau kita bicara ketahanan pangan jangan difokuskan hanya kepada masalah beras saja,” ujar Retno.

Sebelumnya, Retno telah melakukan kunjungan ke Vietnam pada Rabu (24/4/2024). Dalam pertemuan tersebut, antara lain dibahas peningkatan target perdagangan hingga mencapai US$ 18 miliar atau lebih pada tahun 2028, pembahasan perjanjian kerja sama ketahanan pangan, serta komitmen Indonesia terhadap penguatan kerja sama di ASEAN, termasuk persiapan untuk Visi ASEAN 2045.

Komentar