Kapan Deklarsi! Pengamat: Akan Seru jika Gerindra-PKB Ajak PDIP Koalisi

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Kolisi yang dibentuk Partai Gerindra dan PKB sudah memenuhi syarat ambang batas pencalonan presiden dan wakil presiden atau presidential threshold. Tinggal mendeklarasikan siapa calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) di Pilpres 2024.

 “Kalau enggak mau nambah lagi enggak masalah, sudah cukup. Yang perlu jadi isu kapan deklarasi ini pasangan,” kata Pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio saat dihubungi, Jumat (8/7/2022).

Namun, menurut pria yang akrab disapa Hensat ini, akan menjadi seru jika kemudian Partai Gerindra dan PKB ini mengajak PDIP untuk bergabung.

Bagaimana pun, PDIP tidak bisa sendirian dan menurut survei KedaiKOPI akan kalah jika tidak berkoalisi.

“PDIP juga perlu teman koalisi, tidak bisa sendirian. Kalau menurut survei KedaiKOPI dia kalah, nah apakah kemudian Gerindra-PKB juga akan mengajak PDIP? Ini yang seru,” ujarnya.

 Pendiri lembaga riset KedaiKOPI ini melihat, yang menjadi seru jika hal itu terjadi adalah bagaimana capres-cawapres yang kelak diusung oleh koalisi ini.

Bisa Prabowo Subianto-Puan Maharani, sebaliknya, atau mungkin Puan Maharani-Muhaimin Iskandar (Cak Imin). “Kalau ini terjadi bisa-bisa Prabowo-Puan, atau Puan-Prabowo atau Puan-Cak Imin, gitu kira-kira,” terang Hensat.

Komentar