KPU Sebut Perilaku Gibran Tidak Pantas di Debat Capres, Ini Alasannya!

JurnalPatroliNews – Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menegur calon wakil Presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, setelah ia menunjukkan gestur bersorak selama debat capres pada Selasa, 12 Desember 2023. Ketua KPU, Hasyim Asy’ari, mengkritik perilaku tersebut, menyatakan bahwa tindakan tersebut tidak boleh dilakukan.

“Ini (perilaku Gibran) yang tidak boleh dan kami tegur,” ujar Hasyim Asy’ari di Jakarta pada Kamis, 14 Desember 2023.

Selain memberikan teguran kepada Gibran, KPU juga menggunakan insiden tersebut sebagai bahan evaluasi untuk perbaikan pelaksanaan debat-debat berikutnya.

“Saat evaluasi dan rapat persiapan debat selanjutnya, kami sampaikan,” tambah Hasyim.

Debat capres pertama, yang diikuti oleh para calon presiden dan cawapres pada Selasa lalu, berlangsung dengan ketegangan khususnya ketika Anies mengajukan pertanyaan kepada Prabowo mengenai putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 90.

Putusan tersebut mengubah syarat usia calon presiden dan calon wakil presiden menjadi 40 tahun dan harus pernah atau sedang menjabat sebagai kepala daerah hasil pilkada.

Prabowo menuturkan, putusan terkait syarat capres-cawapres itu tidak dapat diubah. “Kami ini bukan anak kecil, Mas Anies. Anda juga paham, rakyat paham. Intinya rakyat yang memutuskan, rakyat yang menilai,” ucap dia. 

Prabowo meninggikan suaranya dalam menjawab pertanyaan tersebut. Dia menyatakan bahwa dalam konteks perkembangan politik, terdapat berbagai perspektif. Prabowo mengklaim bahwa timnya telah memandang putusan MK tidak bermasalah dari segi hukum, dan tindakan serta keputusan etik juga telah diambil.

“Putusan terkait syarat capres-cawapres tidak dapat diubah. Jika rakyat tidak suka dengan Prabowo dan Gibran, ya tidak usah dipilih,” ujar Prabowo.

Jawaban itu langsung disambut Gibran dengan berdiri sambil mengayun-ayunkan tangan mengajak orang untuk bersorak. Perilaku Gibran itu pun mendapat nyinyiran dari warganet.

“Loh loh, karakter asli masing-masing paslon kelihatan aslinya. Di #DebatCapres, paslon nomor 2, Prabowo emosian menanggapi pertanyaan. Sementara Gibran seperti tim hore anak sekolahan, sampai ditegur oleh tim suksesnya agar menjaga sikap. Konyol dan aneh,” tulis akun @Davina******. 

Komentar