Teknologi Terbaru! Tesla Rilis Robot Optimus Gen-2, untuk Gantikan Tugas Manusia

JurnalPatroliNews – Amerika Serikat – Perusahaan teknologi yang dimiliki oleh miliarder Elon Musk, Tesla, merilis video terbaru yang memamerkan kemajuan pesat pada prototipe robot humanoid terbarunya, Pada Rabu (13/12/23).

Dikenal sebagai Optimus Gen-2, robot canggih ini tidak hanya mampu meniru gerakan manusia, tetapi juga merupakan bagian dari upaya Tesla dalam mengembangkan kecerdasan buatan. Melalui penerapan jaringan saraf terlatih, Optimus Gen-2 dirancang untuk menyelesaikan tugas-tugas dasar dengan efisiensi tinggi.

Berdasarkan laporan dari Bloomberg, Tesla mengumumkan penurunan berat Optimus Gen-2 sebesar 10 kg melalui video singkat yang diunggah di platform X. Dalam adegan menarik, robot tersebut dengan cermat mengambil dan menempatkan telur dengan menggunakan “penginderaan sentuhan pada semua jari.”

Sebelumnya, pada bulan September, Optimus Gen-2 telah ditampilkan dalam video terpisah yang memperlihatkan kemampuannya mengurutkan blok bangunan berdasarkan warna.

“Tujuan dari humanoid otonom bipedal adalah untuk menggantikan manusia dalam melakukan tugas yang tidak aman atau membosankan,” kata Tesla di situsnya.

Dalam video terbaru, Optimus Gen-2 terlihat berjalan melalui fasilitas Tesla, di mana beberapa Cybertrucks terparkir di sekitarnya. Adegan menarik lainnya termasuk robot ini melakukan squat di gym perusahaan, yang kemudian diikuti dengan aksi menari yang disertai musik teknologi modern.

Komentar