Kunker Ke Papua Barat, Waka BIN: Cek Kesiapan Lahan Untuk Gedung PYCH!

JurnalPatroliNews – Manokwari,- Letnan Jenderal TNI I Nyoman Cantiasa, Wakil Kepala Badan Intelijen Negara (Waka BIN), dalam rangka kunjungan kerja (Kunker) ke Papua Barat, langsung melihat persiapan lahan yang akan menjadi lokasi pembangunan gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH).

Waka BIN mengungkapkan hal itu, saat dirinya baru saja mendarat di Bandara Rendani Manokwari, Provinsi Papua Barat, Senin (29/1/24).

“Kunjungan kerja ke Manokwari ini bermaksud mau cek kesiapan lahan yang akan dibangun gedung PYCH,” kata Cantiasa saat tiba di Bandara Rendani Manokwari, Papua Barat, Senin.

Pangdam XVIII/Kasuari masa jabatan Agustus 2020 – Januari 2022 ini mengatakan, gedung PYCH nantinya akan digunakan sebagai pusat pemberdayaan potensi dan kreativitas dari generasi muda asli Papua.

Ia menyebut, gedung tersebut nantinya dikelola oleh Organisasi Papua Muda Inspiratif. Terutama untuk melakukan pembinaan bagi talenta muda, seperti pada sector pertanian, perkebunan, UMKM, dan usaha seni kreatif lainnya.

“Supaya anak-anak muda Papua bisa berkarya dan berkontribusi mengembangkan ekonomi kreatif,” ujarnya.

Danjen Kopassus 2019 – 2020 itu, membeberkan, Pemerintah menugaskan BIN untuk memastikan pembangunan sarana prasarana PYCH Papua Barat yang berlokasi di Manokwari, bisa dimulai dan selesai  pada tahun 2024.

Karena itu, BIN terus berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) setempat, mulai dari menyelesaikan teknis hibah lahan sesuai kebutuhan, izin, hingga dimulainya pembangunan.

“Tahun ini harus selesai pembangunannya, makanya kami diskusi dengan pemerintah daerah setempat,” beber Koordinator Staf Ahli KSAD periode Mei – November 3023 ini.

Jenderal Bintang Tiga ini menjelaskan, BIN mengawal proses, sedangkan pembangunan gedung PCYH Papua Barat, akan dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dengan target penyelesaian satu tahun.

“Gedungnya ada beberapa titik, setelah dilakukan peletakan batu pertama nanti Kementerian PUPR yang kerjakan,” pungkasnya.

Komentar