Menko Airlangga Perkuat Peran Indonesia di Nikkei Forum 2024

JurnalPatroliNews – Jepang – Forum Nikkei 2024 yang bertema ‘The Future of Asia 2024’ berlangsung di Tokyo, Jepang, menjadi ajang bagi para pemimpin global untuk membahas isu-isu regional dan peran strategis Asia di dunia internasional.

Pada acara yang diselenggarakan pada Kamis (23/5) waktu setempat, Indonesia diwakili oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto.

Airlangga hadir mewakili Presiden Joko Widodo dan turut serta dalam jamuan makan malam peringatan yang dibuka oleh Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida. Forum internasional tahunan yang diadakan oleh Nikkei Inc sejak 1995 ini dikenal sebagai salah satu konferensi terpenting di Asia.

Selain sambutan dari PM Kishida dan pemimpin politik lainnya, acara ini juga menampilkan serangkaian diskusi panel dengan para ahli dari berbagai disiplin ilmu.

Beberapa topik yang dibahas meliputi kerja sama regional dalam pengembangan ekosistem digital, langkah-langkah Asia menuju nol emisi karbon, serta peran Jepang, Amerika Serikat, dan Korea Selatan dalam menjaga keamanan regional di Asia Timur Laut.

Forum ini juga dihadiri oleh PM Malaysia, Anwar Ibrahim; PM Thailand, Srettha Thavisin; Wakil PM Vietnam, Le Minh Khai; Wakil PM Singapura, Gan Kim Yong; Wakil PM Kamboja, Sun Chanthol; Sekjen ASEAN, Kao Kim Hourn; mantan PM Malaysia, Mahathir Mohamad; serta para chairman/CEO perusahaan besar dan profesor dari berbagai universitas terkemuka dunia.

Komentar