Nadiem Hadiri Rapat di DPR Bahas Anggaran Tambahan Rp25 T untuk 2025

JurnalPatroliNews – Jakarta – Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim mendatangi Komisi X DPR RI pada Kamis, (13/6/2024). Nadiem dan jajarannya akan menghadiri Rapat Kerja dengan Komisi Pendidikan DPR RI untuk membahas pagu indikatif Kemendikbudristek tahun anggaran 2025.

Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda, menyatakan bahwa rapat ini bertujuan untuk menyetujui pagu indikatif Kemendikbudristek tahun 2025 yang telah diusulkan sebesar Rp 83,187 triliun. Selain itu, rapat juga akan membahas permintaan tambahan anggaran sebesar Rp 25 triliun yang diajukan oleh Kemendikbud.

“Usulan tambahan dari Kemendikbud belum sempat dibahas di RDP secara detail, jadi mohon mendapatkan persetujuan atau tidak dari fraksi masing-masing,” kata Huda dalam rapat di Komisi X.

Nadiem Makarim menjelaskan bahwa pagu indikatif yang telah diusulkan untuk Kemendikbud adalah sebesar Rp 83,187 triliun. Namun, menurutnya, jumlah tersebut masih belum cukup untuk memenuhi berbagai kebutuhan kementerian.

“Terdapat kenaikan anggaran sebesar Rp 1,4 triliun dibandingkan tahun 2024 dalam pagu indikatif 2025, tetapi alokasi ini belum bisa secara optimal memenuhi kebutuhan kebijakan baru yang ada dalam Rancangan Teknokratik RPJMN 2025-2029,” jelas Nadiem.

Rapat kerja ini merupakan lanjutan dari pembahasan sebelumnya mengenai pagu indikatif Kemendikbud untuk tahun 2025. Sebelumnya, Komisi X dan Kemendikbud telah beberapa kali mengadakan rapat dengar pendapat untuk membahas hal ini, di mana Nadiem juga telah mengajukan permintaan tambahan anggaran sebesar Rp 25 triliun.

Komentar